DKI persiapkan pelantikan presiden dan wapres sejak sebulan lalu

id Anies Baswedan,Pelantikan Presiden,Pemprov DKI Jakarta,Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pernyataan kepada media terkait peran pemerintah provinsi dalam persiapan pelantikan presiden dan wapres di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (ANTARS/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Persiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden khususnya pada urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah dilakukan sejak sebulan lalu.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Kamis, mengemukakan, persiapan itu dibicarakan dengan pemerintah pusat bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

"Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI Jakarta sudah berjalan sejak bulan lalu. Jadi rapat-rapat koordinasi untuk rute dan untuk persiapan keamanan," kata Anies di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Anies mengatakan, pihaknya mendukung persiapan keamanan yang ditangani oleh TNI dan Polri, hingga penyiapan fasilitas acara pelantikan dan pascapelantikannya.

"Kemudian semua fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kegiatan pelantikan maupun acara pascapelantikan itu kami bantu siapkan," katanya.

Baca juga: Panglima TNI: Pengamanan pelantikan Presiden dimulai hari ini
Baca juga: SBY bersedia hadiri pelantikan presiden-wapres
Baca juga: Pimpinan MPR sampaikan undangan ke SBY di Cikeas


Selain itu, Anies mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta selalu siap memberikan apa yang diperlukan.

"Kami ini fungsinya adalah membantu. Jadi apa yang dibutuhkan pihak Kepolisian, biasa mereka kirim surat," katanya.

Misalnya, kebutuhan toilet umum mobile, kemudian kebutuhan tambahan petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

"Itu semua mendasarkan permintaan dari Kepolisian karena kalau sudah keamanan, tanggung jawabnya ada di pihak Kepolisian," kata Anies.

Pelantikan presiden dan wakil presiden dilaksanakan dalam Sidang Paripurna MPR pada 20 Oktober 2019 di Gedung DPR/DPD/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar