Kita sangat senang, artinya akses-akses internet untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia akan semakin terbuka
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menilai kehadiran Palapa Ring akan memudahkan peminjaman berbasis teknologi finansial (fintech lending) memberikan pinjaman di daerah terpencil tanpa mengalami kendala.

"Kita sangat senang, artinya akses-akses internet untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia akan semakin terbuka," ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa apabila akses Internet sudah semakin luas, maka sebetulnya pemberian pinjaman langsung kepada peminjam bisa dilakukan dan tidak lagi terkendala oleh kondisi geografis serta sinyal Internet yang susah diakses.

Baca juga: OJK: Palapa Ring percepat industri "fintech" di seluruh Indonesia

Asosiasi memandang akses internet di Indonesia itu sangat penting, dan Palapa Ring membuka akses-akses internet di daerah-daerah terpencil.

Selain itu, Sunu menambahkan kehadiran Palapa Ring kemungkinan dapat meningkatkan jumlah debitur dan pemberi pinjaman (lender) secara signifikan.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, akumulasi jumlah pinjaman hingga Agustus 2019 mencapai Rp54,72 triliun yang terdiri atas Rp46,97 triliun di Pulau Jawa dan Rp7,74 triliun di luar Pulau Jawa.

Sedangkan, jumlah akumulasi rekening lender per Agustus 2019 mencapai 530.385 entitas dan jumlah akumulasi rekening borrower sebanyak 12.832.271 entitas.

Sebelumnya OJK menilai kehadiran Palapa Ring dapat mempercepat industri teknologi finansial (fintech) untuk melakukan penetrasi di seluruh Indonesia.

Kepala Perizinan & Pengawasan Fintech Direktorat Kelembagaan & Produk Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Alvin Taulu menjelaskan kehadiran jaringan Palapa Ring dan infrastrukturnya yang sudah bagus dipastikan akan mendorong penetrasi fintech sangat kuat, karena masyarakat bisa mendapatkan layanan dari industri fintech dari sinyal Internet yang bagus.

Selain itu dengan adanya Palapa Ring, maka edukasi dan sosialisasi terkait fintech akan lebih masif lagi karena dapat diakses dan ditonton lewat YouTube. Dengan demikian kehadiran Palapa Ring dapat mendorong peningkatan fintech secara signifikan di Indonesia.

Baca juga: Hadirnya Palapa Ring diprediksi tumbuhkan unicorn baru
Baca juga: Satgas Waspada Investasi blokir 133 fintech lending ilegal

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019