BMKG sebut Sumatera sudah memasuki musim hujan pada Oktober

id BMKG, Musim Hujan,musim kemarau

Kasubdit Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi (kedua dari kanan) berfoto dalam sebuah acara apel pemberangkatan bantuan dan relawan ACT di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/9/2019). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan pada Oktober ini, misalnya  Sumatera, sementara wilayah lain baru akan memasuki musim hujan pada November dan Desember.

"Kalau di daerah Sumatera, Bulan Oktober ini sudah masuk musim hujan untuk wilayah-wilayah Sumatera," kata Kasubdit Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan beberapa daerah di Sumatera sudah terjadi hujan sejak awal Oktober, dan menekankan untuk Palembang di Sumatera Selatan dan Lampung baru akan memasuki musim hujan pada akhir Oktober.

Selain itu, wilayah lain yang telah memasuki musim hujan pada Oktober ini adalah wilayah di Kalimantan.

Baca juga: BMKG sebut kabut asap di Palembang Senin pagi paling ekstrim

"Kalimantan Oktober ini juga sudah masuk musim hujan," katanya.

Sementara itu, wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, katanya, pada Oktober belum memasuki musim hujan meski telah ada beberapa hari hujan.

"Meski ada beberapa hari terjadi hujan, tetapi belum masuk musim hujan," ujarnya.

Wilayah di Pulau Jawa sebagian besar akan memasuki musim hujan pada pertengahan dan akhir November.

Sementara Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur akan mencatatkan musim hujan pada akhir November hingga awal Desember.

Baca juga: Seluruh wilayah di Papua Barat diperkirakan hujan Selasa-Rabu
 

Pewarta : Katriana
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar