Pekanbaru (ANTARA) - Gambar musisi Justin Bieber berukuran besar yang menunjukkan dirinya menjadi penata suara di warung minuman lokal Susu Telur Madu Jahe atau STMJ, mengisi salah satu baliho di Kota Pekanbaru, Riau.

Berdasarkan pantuan ANTARA, Senin, gambar penyanyi yang terkenal karena hits lagu "Baby" itu dicetak besar dengan ukuran sekira 5x10 meter. Lokasinya berada di pusat Kota Pekanbaru, tepatnya di dekat jalan layang simpang Jl. Jenderal Soedirman yang mengarah ke Harapan Raya.

Pada gambar tersebut, penyanyi asal Kanada itu tampak sedang duduk menghadap peralatan sound system mengenakan celana jins dan baju hitam, dan berpose di warung tenda STMJ berwarna kuning.

Gambar pada baliho tersebut merupakan karya seni manipulasi digital buatan Agan Harahap, seniman asal Yogyakarta untuk pameran bertajuk "Luar Ruang" di Kota Pekanbaru.

Melalui akun Instagramnya @aganharahap, seniman tersebut mengunggah foto baliho dengan gambar Bieber dengan caption "Penampakan Justin Bieber di Jl. Sudirman Pekanbaru,".

Agan Harahap dikenal dengan karyanya yang memanipuasi selebriti internasional seperti Rihanna, hingga politisi seperti Prabowo dan Presiden Joko Widodo. Karyanya tersebut telah diakui dunia internasional, terbukti dari beberapa pameran yang pernah dia ikuti di luar negeri.

Karya berjudul "BIEBER" dari Agan Harahap adalah satu dari 10 karya seniman di pameran "Luar Ruang" yang digelar oleh Syam Art Management (S.A.M) sejak tanggal 12 hingga 25 Oktober 2019 di Pekanbaru.

"Dalam mengusung tema acara Luar Ruang ini, kurator tidak membatasi pada hal-hal yang dikhususkan atau tematik, melainkan hanya menciptakan tren baru bagi masyarakat Indonesia khususnya Kota Pekanbaru, bahwa media baliho dijadikan sebagai bingkai artistik semata," kata Project Manager S.A.M, Fachrozi Amri.

Fachrozi meyakini ini adalah pertama kalinya baliho digunakan sebagai media untuk pameran visual art di Indonesia.

Ada 10 baliho di pusat Kota Pekanbaru yang digunakan sebagai media pameran Luar Ruang. Selain karya Agan Harahap, karya lain yang dipamerkan adalah milik Arin Ardani dari Jakarta, Farhan Adityasmara dari Denpasar, MA Roziq dari Yogyakarta, Sahlul Fahmi dari Surabaya, Susilo Nofrianto dari Bandung, dan Herik dari Padang.

Sementara seniman dari Pekanbaru yang ikut serta antara lain Ade Greden, Arza Aibonotika, dan kartunis Eko Faizin.

Baca juga: Pekanbaru gelar pameran karya seniman nasional di billboard
Baca juga: Soal foto anak punk, Jokowi: Itu bukan saya

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019