Ketua DPD dorong anggota Kadin sambut KEK Singhasari

id ketua dpd,KEK Singhasari,singosari,kadin jawa timur

Ilustrasi - Master Plan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, yang terletak di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik penetapan wilayah Singosari di Kabupaten Malang, Jawa Timur sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang baru.

Oleh karena itu, La Nyalla yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Jawa Timur mendorong agar para pelaku usaha di tubuh Kadin dapat menyambut dan bergerak menghidupkan KEK Singhasari tersebut.

"Saya meminta teman-teman di Kadin Jatim menyambut dan bergerak cepat untuk menghidupkan KEK di Singosari. Karena ini peluang untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi provinsi ini. Apalagi lahan yang disediakan sangat luas. Sekitar 120 hektare," kata La Nyalla melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari pada 27 September 2019.

Baca juga: Presiden Jokowi teken PP KEK Singhasari, untuk pariwisata Malang

Pertimbangan penetapan KEK Singhasari ini adalah untuk mengembangkan kegiatan perekonomian pada wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, yang bersifat strategis bagi pengembangan ekonomi nasional, perlu dikembangkan kawasan ekonomi khusus.

Dalam Pasal 2 PP ini, disebutkan KEK Singhasari ini memiliki luas 120,3 hektare yang terletak dalam wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

KEK tersebut terdiri atas dua zona, Pariwisata dan Pengembangan Teknologi. Pembangunan dan Pengelolaan KEK akan disiapkan dalam jangka waktu 90 hari sejak PP tersebut diundangkan pada 8 Oktober 2019. 

Pasal 5 ayat (1) menyebutkan Bupati Malang menetapkan badan usaha pembangun dan pengelola KEK Singhasari dalam jangka waktu 90 hari sejak PP ini diundangkan.

Baca juga: KEK Singhasari dorong Malang Raya jadi destinasi wisata internasional

Baca juga: KEK Singhasari dinilai akan mendorong perekonomian Malang Raya

 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar