Jakarta (ANTARA) - TikTok, aplikasi video berdurasi singkat, mendukung penggunanya untuk dapat mengabadikan dan membagikan momen berharga langsung dari ponsel.

Untuk menciptakan lingkungan aplikasi yang positif, di mana semua orang merasa aman dan nyaman, berikut adalah beberapa kiat dari Donny Eryastha, Head of Public Policy Indonesia, Malaysia, and Phillipines, yang dapat Anda aplikasikan, seperti dikutip dari siaran resmi TikTok.

Jadikan akun privat
Dengan mengubah akun menjadi pribadi, Anda dapat mengizinkan atau menolak permintaan pengikut serta membatasi konten yang diunggah bagi pengikut Anda saja.

Kunjungi tab Saya, kemudian pilih Privasi dan Pengaturan, dan di bagian Privasi dan Keamanan, ubah akun menjadi Akun Privat.

Sebagai tip, jangan sertakan informasi pribadi ke dalam profil karena informasi tersebut akan dilihat oleh semua pengguna lain meskipun telah mengaktifkan akun pribadi.

Lakukan Penyaringan
Mengaktifkan Mode Terbatas adalah salah satu pilihan dari tingkat pengaturan akun yang dapat membatasi tampilan konten, yang mungkin tidak sesuai dengan semua audiens.

Anda juga memiliki kendali terhadap akun dengan menyaring siapa yang dapat berduet dengan Anda, memberikan komentar, melihat konten dan beberapa video Anda.

Pengguna juga dapat menghapus komentar yang diunggah di video. Caranya, cukup cek preferensi di menu Privasi dan Keamanan.

Laporkan
Apabila menemukan sesuatu yang dapat mengganggu Ketentuan Layanan, segera laporkan agar tim Moderasi TikTok bisa mengulasnya (review) dan mengambil tindakan tepat.

Pengguna dapat melaporkan video, pengguna, atau komentar langsung dari aplikasi. Demi memenuhi kebutuhan itu, TikTok Indonesia memiliki tim moderasi khusus yang siap berjaga selama 24 jam untuk memilah video dan konten yang tidak pantas.

Terapkan gaya hidup digital yang sehat
Memberikan batas waktu mengonsumsi internet terkadang sangat bermanfaat. Dengan mengaktifkan Manajemen Waktu Layar, TikTok dapat mengingatkan kapan harus berhenti dan kembali ke dunia nyata.

Gunakan menu Kesejahteraan Digital di bagian Privasi dan Pengaturan untuk mengatur berapa lama waktu yang ingin dihabiskan di TikTok. Apabila waktu sudah habis, akun Anda akan keluar secara otomatis.

Kata Sandi adalah Kunci
Sebaiknya pilih kata sandi yang kuat untuk akun online apapun, lindungi kata sandi dari hal-hal mengenai situs pihak ketiga, dan pastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk layanan yang berbeda.

Di TikTok, pengguna dapat melakukan pelaporan dan meminta bantuan apabila melihat hal mencurigakan yang menunjukkan akun mungkin telah diretas.

Baca juga: TikTok larang iklan politik berbayar di platformnya

Baca juga: TikTok sediakan berbagai fitur demi jaga konten positif

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019