Ladang gas besar ditemukan di Tarim Xinjiang

id Xinjiang,cadangan migas China,ekspor migas Indonesia ke China,ekspor gas Indonesia ke China

Ilustrasi - Pompa angguk mengangkat minyak dari sumur di lapangan minyak Tazhong di Gurun Taklamakan dekat jalan tol Gurun Tarim, Xinjiang, China. ANTARA/Shutterstock/rweisswald/aa.

Beijing (ANTARA) - Ladang gas yang diperkirakan menyimpan cadangan 115,3 miliar meter kubik ditemukan di lembah Tarim, Daerah Otonomi Xinjiang, China.

Wakil General Manajer PetroChina Cabang Tarim, Tian Jun, menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji coba dengan baik di ladang gas tersebut.

Baca juga: Sekjen PBB angkat isu Uighur Xinjiang saat lawatan ke China

Ladang gas itu mampu menghasilkan 418.200 meter kubik gas alam dan 115,15 meter kubik gas kondensat per hari, sebut Tian yang dikutip media resmi setempat, Jumat.

Ladang gas Tarim diperkirakan menyimpan 115,3 miliar meter kubik gas alam dan 21,66 juta ton gas kondensat.

Tian memperkirakan lapangan gas tersebut mulai berproduksi pada November mendatang.

Baca juga: Kamp vokasi: Cara China merangkul Xinjiang

Ladang gas Tarim memasok gas alam ke 15 provinsi/daerah setingkat provinsi di wilayah utara dan timur China melalui jaringan pipa gas yang terbentang dari barat ke timur.

Xinjiang yang merupakan daerah otonomi setingkat provinsi di wilayah bagian barat China yang berbatasan langsung dengan Rusia, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Afghanistan, dan Pakistan itu dikenal memiliki cadangan minyak dan gas bumi yang melimpah.

Baca juga: China mulai bangun cadangan minyak pertama di Xinjiang

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar