Hari Batik diperingati di Roma dan Budapest

id Batik

Anggota Darma Wanita KBRI Budapest memperagakan cara menggunakan kain batik untuk kegiatan sehari-hari atau menghadiri acara seremonial lainnya. ANTARA/KBRI Budapest

London (ANTARA) - Hari Batik Nasional yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 2 Oktober diperingati di berbagai negara, seperti di Roma, Italia.

Pada pembukaan Festival Film Asiatica dan di Budapest Hungaria digelar “Batik Exhibition and Fashion Show” yang diadakan KBRI Budapest di Wisma Duta, Rabu.

Istri Dubes RI di Hongaria, Dewi Hartati Dimas Wahab, mengatakan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia dan diakui oleh UNESCO sebagai a Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009.

Baca juga: Hari Batik diharapkan tingkatkan penggunaan batik Betawi

"Elegant and beautiful,"  decak kagum salah satu undangan yang menghadiri “Batik Exhibition and Fashion Show”. Acara ini diiringi musik live gamelan Jawa dibawakan kelompok gamelan Topong Bang asuhan KBRI Budapest.

Anggota Darma Wanita KBRI Budapest turut memperagakan cara menggunakan kain batik, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun pergi tamasya pada musim panas atau menghadiri acara seremonial lainnya.

Dubes Dimas mengatakan bahwa KBRI mempromosikan Indonesia melalui berbagai jalur diplomasi . Kali ini menggunakan diplomasi kebudayaan khas Indonesia. Semua staf di KBRI Budapest setiap Jumat, dianjurkan menggunakan batik.

Di akhir acara, undangan disuguhi berbagai hidangan khas Indonesia, seperti nasi goreng, gado-gado, soto ayam, rendang, sumpia, lapis legit, dan wingko babat.

Baca juga: Aktor "Dua Garis Biru" semangat promosikan batik

Sementara itu, warga Indonesia di Roma memperingati Hari Batik dengan berpartisipasi pada Festival Film Asiatica di Roma mengenakan busana batik dan memperagakan busana batik bersama Kedutaan Besar dari negara ASEAN lainnya.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Roma Veronika Vonny Handayani kepada ANTARA London, Rabu, mengatakan bahwa grup Angklung La Campania binaan KBRI Roma menampilkan lagu daerah ditutup dengan lagu I Have a Dream.

Dalam kesempatan ini, Nona Gae Luna, diplomat muda Indonesia tampil dengan kain batik motif buketan berwarna merah, sementara staf KBRI Roma lainnya, Harley Korompis, mengenakan kostum Tapis Lampung.

Minister Counsellor Pensosbud KBRI Roma Charles Hutapea mewakili Dubes RI untuk Italia mengatakan bahwa Indonesia menampilkan kostum batik dalam peragaan busana dan pertunjukan musik angklung memperingati Hari Batik.

Baca juga: Gatot Dewa Broto kenang Nelson Mandela pada Hari Batik



Hari Batik di Roma dimeriahkan dalam Festival Film Asiatica di Roma. Film Humba Dreams garapan Riri Riza diputar dalam festival yang dimeriahkan dengan pertunjukan musik angklung mewakili Indonesia ditayangkan hari ini Rabu, demikian Charles Hutapea.


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar