Mendagri jamin stabilitas politik dalam negeri terkendali

id Mendagri,jamin stabilitas politik,politik dalam negeri,Demo

Mendagri Tjahjo Kumolo. (Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjamin stabilitas politik dalam negeri saat ini terjaga dengan baik, aman dan terkendali, meski ada penyampaian aspirasi masyarakat dan mahasiswa di sejumlah daerah.

“Kami menjamin stabilitas politik di seluruh Indonesia terjaga dengan baik," ujar Mendagri berdasarkan rilis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wiranto: Mahasiswa hingga suporter pun dihasut untuk melawan aparat

Baca juga: Wiranto sebut demo rusuh bertujuan gagalkan pelantikan Presiden


Ia mengimbau seluruh elemen bangsa menahan diri dan menghentikan segala tindakan yang melanggar hukum.

Mendagri berharap aparatur pemerintahan di daerah wajib menjaga ketenteraman dan keamanan warganya.

Hal itu diungkapkan juga oleh Mendagri saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam di Jakarta bersama Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis.

Ia juga meminta kepala daerah bersama berbagai pihak untuk melakukan pengawasan agar tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah mencermati gelagat perkembangan dinamika nasional yang sampai ke daerah.

Baca juga: Pemerintah siap buka dialog dengan mahasiswa

"Diharapkan seluruh kepala daerah mencermati gelagat perkembangan dan dinamika nasional sampai ke daerah dan segera mengambil langkah untuk menciptakan harmoni, ketenteraman dan ketertiban masyarakat di sekitarnya,"  katanya.

Mendagri mengatakan stabilitas kehidupan sosial politik itu harus kita jaga bersama dengan berkomunikasi dan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh parpol, tokoh adat, pengusaha, pemuda, siswa dan mahasiswa, guru, dosen serta cendekiawan.

"Kami mohon partisipasi dalam memberikan pendidikan dan wawasan kepada masyarakat di sekitarnya agar hati-hati dalam bersikap dan merespons segala informasi di media sosial yang justru diproduksi oleh kelompok tertentu untuk menimbulkan adu domba atau konflik di masyarakat” katanya.

Baca juga: Mendagri imbau kepala daerah teruskan aspirasi masyarakat ke pusat

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar