Lampung Barat miliki potensi energi panas bumi 495 MW

id energi panas bumi, geothermal, lampung barat, suoh, antaralampung news.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat mengunjungi potensi energi listrik panas bumi di Suoh, Lampung Barat. ANTARA/HO Humas Pemprov Lampung/am.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa potensi energi panas bumi (geothermal) di Suoh, Lampung Barat sebesar 495 MW

"Geothermal ini sebagai solusi energi masa depan yakni pembangkit listrik tenaga panas bumi yang lebih ramah lingkungan. Potensi energi yang dihasilkan sendiri dari pembangunan geothermal ini yakni kurang lebih 495 MW," kata Arinal di Suoh Lampung Barat, Rabu.

Ia meninjau langsung kawasan yang rencananya dibangun Geothermal (energi panas bumi) oleh PT Star Energy, pada Selasa (24/9).

Baca juga: Gubernur Lampung dukung pengembangan energi listrik panas bumi

Salah satu titik pengecekan yakni di Dusun Kayu Are, Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

Peninjauan tersebut, lanjutnya, sebagai tindak lanjut dari pertemuan dirinya bersama Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan pihak PT Star Energy beberapa waktu lalu.

Lokasi potensi geothermal ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), di mana kawasan ini merupakan kawasan hutan yang dilindungi dan sudah terdaftar sebagai World Heritage Sites (Warisan Dunia) oleh UNESCO

Terkait permasalahan izin yang harus dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arinal menyampaikan siap untuk membantu menyelesaikan proses perizinannya.

"Untuk izin dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Insya Allah saya akan bantu untuk penyelesaiannya, karena Provinsi Lampung juga butuh bukan hanya Kabupaten Lampung Barat, karena Lampung masih krisis energi," katanya.

Baca juga: Lampung miliki sumber panas bumi cukup besar

Kebutuhan energi ini juga, sambung Arinal nantinya dapat mendukung kawasan sekitar dari jalan tol di Provinsi Lampung.

"Apalagi dengan adanya jalan tol, industri kita akan bangkit yang memerlukan energi, jadi ini merupakan suatu keharusan," ujarnya.

Untuk itu, Arinal mengajak semua pihak terkait untuk bergandengan tangan mewujudkan hal tersebut.

"Kita harus kompak di dalam menjalankan ini, mari kita bergandengan tangan agar energi geothermal bisa tumbuh dari Kabupaten Lampung Barat," ucapnya.

Salah satu warga, Kasman (39) menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Arinal di tengah-tengah warga masyarakat.

Arinal menjadi Gubernur Lampung pertama yang menginjakkan kaki di Dusun tersebut sejak Indonesia merdeka.

"Baru pertama kali ada Gubernur yang datang, senang sekali," ujarnya.

Kasman mengaku siap mendukung Arinal, terutama dalam pembangunan geothermal. "Tentu mendukung apa yang dilakukan Gubernur," katanya.

Baca juga: Potensi panas bumi Lampung nomor tiga se-Indonesia
 

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar