YBM BRI bantu korban kebakaran Jatinegara

id YBM BRI,bantuan,kebakaran Jatinegara

General Manager YBM BRI Dwi Iqbal Noviawan (kaos hitam) memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jatinegara, Jakarta Timur. Sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional YBM BRI menghimpun dan mengelola dana zakat di seluruh Indonesia. (FOTO ANTARA/HO-YBM BRI/2019)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) memberikan bantuan kepada korban kebakaran di permukiman padat penduduk Kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur pada Sabtu (21/9) dini hari.

"Bantuan bagi korban bencana kebakaran di Jatinegara kami salurkan melalui Tim Tanggap Bencana YBM BRI," kata General Manager YBM BRI Dwi Iqbal Noviawan di Jakarta, Selasa.

YBM BRI adalah LAZ nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat di seluruh Indonesia.

Kebakaran yang disebabkan hubungan pendek arus listrik itu menghanguskan 129 rumah warga.

Ia menjelaskan saat ini sekurangnya ada 400 penyintas mengungsi di beberapa posko, di antaranya posko yang dibangun Kemensos, tenda-tenda darurat di pinggir rel kereta api, masjid/mushalla, dan rumah-rumah warga yang selamat dari musibah.

Guna membantu mereka yang menjadi korban, Tim Tanggap Bencana YBM BRI bergerak membantu para penyintas dengan menyalurkan bantuan berupa paket "survival kit", biskuit, dan perlengkapan balita senilai Rp33.780.000.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Dwi Iqbal Noviawan kepada penyintas kebakaran di empat RT di wilayah Jatinegara.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban para korban kebakaran," katanya.

Baca juga: Kebakaran di Jatinegara hanguskan 129 rumah

Ketua RW 01 Kelurahan Rawabunga, Jatinegara Dwi Lestari mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada YBM BRI atas perhatian, kepedulian, dan juga partisipasi aktifnya dalam memberikan sumbangsih bantuan kepada warga yang menjadi korban musibah itu.

"Insyaallah segala bentuk bantuan yang diberikan kepada kami sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi warga yang terkena musibah," katanya.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Dinsos Provinsi DKI Jakarta Sutawijaya menjelaskan bahwa sekitar 452 korban kebakaran di dua kelurahan di Jatinegara, Jakarta Timur, diungsikan pemerintah setempat menuju dua lokasi.

"Sebanyak 125 warga Kelurahan Balimester diungsikan ke Jalan Jenderal Urip RT11/RW06, sementara sekitar 327 warga Kelurahan Rawabunga diungsikan menuju kantor kelurahan setempat," katanya.

Sekretaris Kelurahan Balimester Ulil Novita Sari menjelaskan bantuan mulai berdatangan ke Balimester, seperti tenda pengungsian, toilet portabel, hingga ambulans yang disiagakan di lokasi pengungsian.

Baca juga: 40 anak korban kebakaran Jatinegara jalani pemulihan trauma
Baca juga: Lokasi kebakaran Jatinegara minim lahan untuk pengungsi

 

Pewarta : Andi Jauhary
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar