JakGrosir Kepulauan Seribu resmi beroperasi 22 September

id Kepulauan seribu, JakGrosir Kepulauan Seribu, Pulau Tidung

Seorang warga memindahkan barang belanjaan dari troli ke kapal setelah berbelanja di JagGrosir Kepulauan Seribu, Minggu (22/9/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Kepulauan Seribu (ANTARA) - Pemerintah DKI Jakarta melalui Perumda Perusahaan Jaya meresmikan JakGrosir Kepulauan Seribu bertempat di Pulau Tidung kecil yang menandai telah dibukanya operasional pusat perkulakan tersebut mulai tanggal 22 September, Minggu.

Pembukaan hari pertama JakGrosir Kepulauan Seribu sudah didatangi warga pulau yang berbelanja kebutuhan warung dan barang harian.

Aryani (50) warga Pulau Tidung Besar beruntung hari pertama belanja langsung ditemani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir untuk meresmikan JakGrosir di Kepulauan Seribu.

Ibu satu orang cucu itu membeli barang kebutuhan pokok seperti beras, telur, daging dan ayam.

"Saya beli menggunakan kartu KJP," kata Aryani memperlihatkan kartu miliknya.

Pembeli lainnya Mukiroh (60) warga Pulau Tidung memborong tiga dus mie instan, satu dus minyak goreng, delapan ekor ayam dan satu dus terigu.

Semua barang belanjaan tersebut dibelinya untuk keperluan penyediaan makan bagi anak-anak indekos yang dimiliki Makiroh.

"Saya punya kosan total ada 13 orang, setiap hari menyediakan makan untuk mefaka," kata Makiroh.

Menurut Mukiroh berbelanja di JakGrosir berbeda dengan tempat biasa dia membeli barang kebutuhan pokok rumahnya.

Selain kenyamanan karena belanja di ruangan berpendingin, luas, lengkap dan harga terjangkau.

Biasanya, lanjut Mukiroh, untuk berbelanja barang yang sama dengan jumlah yang sama, ia harus mengeluarkan uang Rp1 jutaan.

Ia mengatakan perbandingan harga lumayan jauh. Jika di warung dia bisa membeli ayam sekilo Rp37 ribu, di JakGrosil hanya Rp27 ribu.

"Perbandingan lumayan jauh selisih Rp10 ribu ya lumayan," Makiroh.

Makiroh menyebutkan jika belanja di warung biasa untuk jumlah yang sama harus merogoh kocek lebih dalam lagi yakni Rp 1 jutaan.

"Di sini (JakGrosir) saya cuma bayar Rp900 ribu," kata Makiroh.

Uniknya JakGrosir Kepulauan Seribu warga yang datang berbelanja menggunakan kapal motor, ada juga yang jalan kaki menyeberang pantai menggunakan Jembatan Cinta.

Setelah belanja warga mendorong troli melewati jalani pasir menuju dermaga, lalu mengangkut barang belanja masuk ke kapal.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi peresmian JakGrosir Kepulauan Seribu walau pengerjaannya terlambat selama tiga bulan dari target yang ditentukan.

"Hari ini peresmian jakgrosir, Alhamdulillah terwujud juga JakGrosir Kepulauan Seribu. Tidak masalah terlambat. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali," kata Anies.

Anies menambahkan kehadiran JakGrosir perlu didorong sama-sama bahwa Jakarta antara kawasan kepulauan dengan daratan bisa terjadi kesamaan harga, bisa menjamin kebutuhan khusus pangan bagi warga kepulauan.

Anies menyebutkan, peresmian JakGrosir di Indonesia untuk mengirimkan pesan yang sangat kuat ke seluruh Indonesia bahwa kalau di Jakarta saja terjadi ketimpangan harga yang sangat tinggi antara daratan dan kepulauan.

"Jadi bagaimana kita bisa mengatakan kepada saudara-saudara kita yang di pelosok Tanah Air, bahwa nanti Indonesia akan memiliki kesetaraan karena itu di Jakarta ini penting sekali untuk kita wujudkan," kata mantan Menteri Pendidikan RI ini.

Baca juga: Anies sebut JakGrosir bantu kesetaraan harga di Kepulauan Seribu

Baca juga: Anies saksikan peresmian pusat perkulakan JakGrosir Kepulauan Seribu

Baca juga: JakGrosir molor, Pasar Jaya pasok Kepulauan Seribu lewat SubJakGrosir


 

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar