Anggota DPRD Riau desak musibah asap jadi bencana nasional

id karhutla riau, karhutla terkini, bencana asap, riau berasap

Ratusan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) berunjuk rasa di depan gerbang kantor Gubernur Riau di Pekanbaru, Senin pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Ini adalah demo mahasiswa yang kesekian kalinya dalam sepekan terakhir untuk memprotes lambannya respon kepala daerah menangani karhutla dan kabut asap. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Riau mendesak pemerintah setempat dan pemerintah pusat segera menetapkan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang melanda Bumi Melayu itu sebagai darurat bencana nasional.

"Penanganan bencana ini harus dilaksanakan secara serius. Seluruh pihak harus turun, prioritaskan penanganan segera karena seluruh masyarakat Riau sudah terdampak,” kata anggota DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan Eet di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan kabut asap pekat dengan kualitas udara pada tingkat berbahaya masih menyelimuti udara wilayah Riau selama beberapa pekan terakhir. Kondisi ini, lanjutnya, jelas sangat mengkhawatirkan dan mengancam keselamatan jutaan penduduk Bumi Lancang Kuning.

Baca juga: Universitas Riau bentuk tim satgas siaga bencana asap 2019

Dia menilai beragam langkah yang telah dilakukan harus lebih diintensifkan, selain pengentasan masalah kabut asap harus jadi skala prioritas nasional.

Pemerintah, katanya, harus mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk itu. “Maksimalkan secara menyeluruh, kami dukung upaya-upaya penanganan serius,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah gerak cepat tanggulangi kebakaran hutan di Riau

Ia mengatakan, dengan kondisi yang membahayakan tersebut, sudah seharusnya pemerintah provinsi Riau dan pemerintah pusat dapat meningkatkan status siaga darurat Karhutla menjadi darurat bencana nasional atau sebutan lainnya.

“Status harus dinaikkan, mau bencana darurat nasional atau lainnya silahkan. Yang penting harus jadi perhatian seluruh pemangku kepentingan agar menyelesaikan persoalan kebakaran hutan dan lahan ini,” ujarnya.

Dengan begitu, Indra yang digadang menjadi kandidat terkuat ketua DPRD Riau tersebut berharap penanganan Karhutla yang berlangsung secara masif sejak medio tahun ini dapat segera ditanggulangi.
 

Pewarta : Anggi Romadhoni
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar