Lima ABK KM sumber nelayan ditemukan selamat

id Lima abk km sumber nelayan ditemukan selamat

Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan dua anak buah kapal KM. Sumber Nelayan 26 yang dilaporkan jatuh ke laut se sekitar perairan Kepulauan Aru, Maluku sejak Minggu, (15/9). Tiga ABK lain diselamatkan masyarakat. (Daniel Leonard)

Ambon (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan lima anak buah kapal KM Sumber Nelayan 26 yang dilaporkan melompat ke laut di perairan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku ditemukan dalam kondisi selamat.

"Informasi yang kami terima dari Kepala Perikanan Dobo dan pihak perusahaan bahwa tiga dari lima ABK yang dicari telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh masyarakat di pesisir Pantai Desa Ngaibor, Kabupaten Kepulauan Aru dan dievakuasi ke darat," kata Muslimin di Ambon, Senin malam.

Awalnya tim SAR gabungan dari unsur Basarnas Pos Sar Tual, Lanal Dobo, BPBD, PKP Perikanan Dobo, serta Babinsa Ngaibor menyelamatkan dua ABK masing-masing Nopit Burhanudin dan Kuat Berkah.

Sedangkan Yusuf Supriatna, Asep Ali Mulyadi, dan Wahyudi diselamatkan warga Desa Ngaibor pada Senin, (16/9) sekitar pukul 09:35 WIT dan saat ini sudah diamankan Babinsa setempat.

Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup, dan kepada seluruh unsur SAR gabungan yang terlibat diucapkan terima kasih.

Muslimin menambahkan, dari informasi tambahan yang diterima pihaknya kalau lima ABK KM Sumber Nelayan 26 ini diduga melompat ke laut dengan alasan ingin melarikan dari dari kapal tersebut.

"Informasi yang kami terima dari saudara Alson bahwa dua orang sudah di selamatkan, dan tiga orang yang dinyatakan hilang sejak kemarin juga sudah ditemukan dan ada indikasi mereka lompat ke laut karena berusaha melarikan diri dari kapal tersebut," ujarnya.

Baca juga: Wanita muda terjatuh ke laut dari atas kapal feri
Baca juga: Santri jatuh ke laut di Aceh Jaya ditemukan meninggal
Baca juga: Seorang ABK kapal feri jatuh ke laut belum ditemukan

Pewarta : Daniel Leonard
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar