Bekasi (ANTARA) - Persija Jakarta menaklukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019 yang menjadi pertandingan penentu nasib pelatih Persija Julio Banuelos
di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Baca juga: Persija vs PSIS, penentuan masa depan Banuelos di ibukota

Dua gol Persija dibuat oleh Marko Simic melalui titik penalti di menit ke-45+3 dan Rohit Chand (53'). Sementara PSIS memperkecil ketinggalan melalui Septian David Maulana (63').

Sebelumnya, manajemen Persija telah membuat pernyataan resmi bahwa jika kalah kontra PSIS, pelatih Julio Banuelos akan dipecat.

Kemenangan atas PSIS menjadi kemengan pertama Persija dari lima pertandingan terakhirnya di Liga 1 Indonesia 2019.

Dalam pertandingan itu, Persija yang menurunkan para pemain terbaiknya termasuk Marko Simic, Riko Simanjuntak serta dua pemain asing barunya Alexandre 'Xandao' Luiz Reame serta Joan Campasol tampil menekan sejak awal laga.

Tim berjuluk Macan Kemayoran bahkan sempat mencetak gol melalui bek Xandao tetapi dianulir karena wasit menganggap offiside.

PSIS Semarang yang diasuh pelatih Bambang Nurdiansyah kemudian berbalik menekan, tetapi dua tendangan bebas secara beruntun di menit 10 dan 13 oleh Septian David Maulanda juga Jonathan Zorilla dapat diamankan oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Setelah itu permainan berjalan relatif berimbang. Namun, di menit akhir babak pertama tepatnya di menit ke-45+3, Persija mendapatkan tendangan penalti setelah pemain PSIS melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Penyerang asal Kroasia Marko Simic mengeksekusi dengan baik kesempatan tersebut dan mengubah skor menjadi 1-0 yang bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di paruh kedua, Persija tetap mengambil inisiatif mengurung pertahanan PSIS. Hasilnya, Macan Kemayoran berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-53 berkat sepakan Rohit Chand memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang PSIS.

PSIS yang berupaya keluar dari tekanan mendapatkan peluang emas di menit ke-63, juga dari kekacauan di depan gawang, yang mampu diubah menjadi gol oleh gelandang serang Septian David Maulana. Skor menjadi 2-1.

Gelandang Persija Joan Tomas Campasol hampir saja menambah keunggulan timnya andai sepakannya di menit ke-64 tidak membentur tiang gawang.

Setelah itu, kedua tim tak mampu membuat gol lain. Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Persija bertahan sampai laga tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Andritany Ardhiyasa-pg (kapten), Alexandre Luiz Reame, Muhamad Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Joan Campasol, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu (70', Fitra Ridwan) , Rohit Chand, Marko Simic.

PSIS: Jandia Eka Putra-pg, Frendi Saputra, Ganjar Muhardiyana (kapten), M. Rio Saputro, Bayu Nugroho (39' Komarudin), Eka Febri (76', Claudir Marini), Fredyan wahyu, Heru Setyawan, Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto, Jonathan Zorilla (46', Jonathan Zorilla).

Baca juga: 2.900 polisi kawal laga Persija kontra PSIS Semarang

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019