selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan menjadi haji/hajah yang mabrur
Manado (ANTARA) - Jamaah haji dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Utara tiba di Tanah Air melalui Bandara Sam Ratulangi Manado setelah hampir sebulan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai, di Manado, Minggu mengatakan kepulangan para haji tersebut dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yaitu Kloter 12 yang mendarat pada Sabtu (14/9) dan Kloter 13 yang rencananya tiba pada Senin (16/9).

"Tercatat sebanyak 450 haji Kloter 12 diberangkatkan dari Balikpapan ke Manado menggunakan pesawat milik maskapai Lion Air dengan pembagian 'flight' (penerbangan), yaitu 215 jamaah haji mendarat pukul 05.35 Wita dengan JT 3942, 215 jamaah haji mendarat pukul 06.35 Wita menggunakan JT 3661, serta 20 jamaah haji lainnya akan tiba dengan menggunakan penerbangan reguler Lion JT 942 pada pukul 15.15 Wita," kata dia

Kedatangan jamaah haji Kloter 12 yang berasal dari Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Bitung itu disambut Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Praseno Hadi mewakili Gubernur Sulawesi Utara, serta manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado.

Baca juga: Jamaah haji kloter 37 tiba lebih awal dari kloter 36

Ia menyampaikan bahwa melalui koordinasi serta sinergi yang erat dengan berbagai instansi terkait, penyelenggaraan ibadah haji pada 2019, khususnya saat keberangkatan dan kepulangan, di bandara setempat berjalan dengan lancar.

“Sebagai pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa, khususnya para jamaah haji yang baru saja kembali dari Arab Saudi. Tentunya, kami selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VIII, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), serta utamanya Kementerian Agama sebagai penyelenggara kegiatan ibadah haji," ujar Minggus.

Sejak dini hari, sebelum pesawat yang membawa jamaah haji mendarat, para personel pengamanan bandara, Otoritas Bandara hingga KKP, telah siap menyambut kedatangan mereka, utamanya mengantisipasi jika ada haji yang kurang sehat selama penerbangan.

“Selamat datang kepada para jamaah haji Provinsi Sulawesi Utara yang telah kembali dari Tanah Suci, selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan menjadi haji/hajah yang mabrur. Tak lupa kami sampaikan apresiasi atas koordinasi serta partisipasi dari seluruh instansi terkait sehingga sejak keberangkatan hingga kepulangan para jamaah haji ini dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Untuk Kloter 13 dijadwalkan tiba pada Senin (16/9), pukul 05.35 Wita dengan jumlah 215 haji, dan pukul 06.35 Wita berjumlah 215 orang, menyusul pada pukul 15.15 Wita berjumlah tujuh orang.

Baca juga: Seorang haji Nunukan wafat saat tiba di rumahnya di Sebatik
Baca juga: 448 jamaah haji Jambi sudah tiba di daerah asal
Baca juga: Jamaah haji Kloter 26 tiba di Makassar

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019