Bos Disney mundur dari jajaran direksi Apple

id Disney,Apple,Apple TV+

Pimpinan Walt Disney Bob Iger. (waltdisney.com)

Jakarta (ANTARA) - Apple mengatakan bahwa Chief Executive Officer Walt Disney Bob Iger telah mengundurkan diri dari dewan direksi perusahaan pada 10 September ketika kedua perusahaan tersebut bersiap untuk bersaing dalam bisnis televisi streaming.

Iger, lansir Reuters, Jumat (13/9), meninggalkan jajaran direksi Apple pada hari yang sama saat Apple mengungkap rincian baru tentang Apple TV+, layanan televisi streaming 4,99 dolar AS (sekitar Rp70 ribu) per bulan, yang akan diluncurkan pada 1 November.

Apple dilaporkan telah menghabiskan miliaran dolar di Hollywood untuk membuat tayangan program untuk layanan tersebut.

Harga berlangganan bulanan untuk Apple TV+ lebih murah dari Disney. Pada awal 2019, Disney mengumumkan layanan streaming yang akan menampilkan konten anak-anak, yaitu 6,99 dolar AS (sekitar Rp98 ribu) per bulan. Layanan Disney+ tersebut akan debut pada 12 November.

Baca juga: Apple siap luncurkan layanan "streaming" berlangganan TV+

Baca juga: "Toy Story 4" raup 1 miliar dolar AS

Apple dan Disney telah lama memiliki hubungan unik di antara perusahaan-perusahaan besar Amerika. Pendiri Apple Steve jobs menjadi direktur Disney dan pemegang saham utama ketika raksasa hiburan itu membeli Pixar, studio animasi digital yang mayoritas dimiliki oleh Jobs. Iger lantas menjadi direktur Apple dalam waktu tidak lama setelah kematian Jobs pada 2011.

"Meskipun kami sangat kehilangan kontribusinya sebagai anggota dewan, kami menghormati keputusannya dan kami memiliki harapan bahwa hubungan kami dengan Bob dan Disney akan berlanjut," kata Apple dalam pernyataan tertulis.

Iger mengatakan "hak istimewa yang luar biasa" untuk dapat berada di jajaran direksi Apple selama delapan tahun.

"Saya sangat menghormati Tim Cook, timnya di Apple, dan untuk sesama anggota dewan. Apple adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia, yang dikenal karena kualitas dan integritas produk dan orang-orangnya," ujar Iger dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Tom Holland soal keluarnya Spider-Man dari MCU: "I love you 3000"

Baca juga: Apple TV siap bersaing dengan Netflix

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar