Gubernur Kaltara berharap Firli bentuk perwakilan KPK di daerah

id Ketua kpk baru

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie. ANTARA/Iskandar Zulkarnaeb/am.

Tanjung Selor (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie berharap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri merealisasikan janjinya membentuk perwakilan lembaga antirasuah hingga ke provinsi, kabupaten, dan kota.

"Saat masih calon pimpinan KPK, Firli menjanjikan hal itu. Komentar saya, kita tunggu saja implementasinya lebih lanjut, yang terpenting niat dan tujuannya adalah untuk kebaikan masa depan negara dan bangsa kita," kata Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Sabtu.

Baca juga: Pimpinan baru KPK diminta utamakan pencegahan korupsi

Dalam kesempatan itu, Gubernur Irianto juga menyampaikan selamat atas terpilihnya unsur pimpinan KPK yang baru.

Sebelumnya, calon pimpinan KPK Firli Bahuri dalam menjalani wawancara uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, mengusulkan adanya pembentukan kantor perwakilan KPK di daerah.

Baca juga: Wapres JK: keterpilihan Ketua baru KPK harus diterima

Pasalnya, menurut mantan ajudan Wakil Presiden Boediono itu, wilayah Indonesia sangat luas. KPK di daerah tersebut bisa bekerja sama dengan BPK.

"Tidak mungkin kita bisa melakukan pencegahan tanpa adanya program pencegahan di wilayah provinsi maupun kabupaten," kata Firli.

Sedangkan Pemprov Kaltara sangat berkomitmen dalam menyelenggarakan pemerintahan bersih dan berwibawa, terbukti lima kali berturut-turut dapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) laporan keuangan.

Hal itu membuat daerah ini mendapat anugerah MURI sebagai daerah otonomi baru yang mengantongi WTP berturut-turut.
 

Pewarta : Iskandar Zulkarnaen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar