Ingin ke festival kuliner tanpa merasa begah? Ini kiatnya

id festival kuliner,kuliner

Konferensi pers Endeus Festival di Jakarta, Jumat (13/9/2019). ANTARA/Nanien Yuniar/am.

Jakarta (ANTARA) - Festival kuliner yang rutin diadakan di Jakarta selalu menampilkan deretan stan yang menyuguhkan aneka makanan menggiurkan.

Terlalu banyak pilihan makanan bisa membuat pengunjung kebingungan atau malah kekenyangan karena mencoba semua yang disajikan.

Bagaimana kiat agar tidak begah saat mendatangi festival kuliner?

Chef Sisca Soewitomo punya jawabannya. Ia mengingatkan perbedaan antara "mencicipi" dan "makan". Jika memang ingin merasakan beragam makanan, sebaiknya hanya dicicipi bukan disantap hingga piring yang penuh jadi bersih tanpa bekas.

"Cicip itu bukan makan ya, cicip itu paling banyak satu sendok makan," ujar Sisca, pakar kuliner Indonesia, di konferensi pers Endeus Festival 2019, Jakarta, Jumat.

Ratu Boga Indonesia yang tampil dalam acara memasak sejak 1990-an itu menyarankan untuk membuat daftar prioritas makanan yang ingin dinikmati. Pilih makanan yang sudah masuk daftar prioritas, bila memang masih ada tempat di perut silakan mencicipi yang lain, ujar Sisca.

"Kita cari dulu mana yang paling suka, baru jalan ke tempat lainnya. Kita yang harus bisa mengerem," ujarnya, menambahkan memang tidak mungkin bisa menikmati semua makanan terutama di festival kuliner skala besar.

Chef Yuda Bustara punya saran lain untuk orang yang ingin mencicipi banyak makanan tanpa merasa begah, yakni datanglah beramai-ramai agar bisa saling berbagi.

"Pesan satu makannya bareng-bareng... atau bawa kotak makan (untuk menampung sisa makanan)," canda Yuda.

Sisca dan Yuda menjadi bintang tamu dari Endeus Festival 2019 d di Gandaria City Mal, Jakarta pada 25-27 Oktober di mana mereka bakal menampilkan demonstrasi memasak di hadapan para pengunjung.

Baca juga: Endeus Festival hadir untuk para pencinta makanan pada Oktober
 

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar