Pemerintah harus memperhatikan kesiapan SDM, infrastruktur, dan pemasok bahan baku
Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Mardani Ali Sera mengusulkan tiga langkah yang perlu dilakukan pemerintah untuk mengembangkan industri mobil nasional dalam rangka mewujudkan sarana transportasi nasional di tengah kemunculan mobil Esemka.

"Membangun pusat litbang motor dan mobil nasional, yang mengintegrasikan penguasaan iptek mobil dan motor berkualitas dengan pembangunan industrinya, membuat roadmap. Penguasaan iptek ini menjadi syarat utama ketika pemerintah sungguh-sungguh," kata Mardani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Setelah penguasaan iptek, menurut Mardani, maka langkah kedua adalah pemerintah harus memperhatikan kesiapan SDM, infrastruktur dan pemasok bahan baku.

Pemerintah, lanjutnya, juga harus membangun industri penyangga sebagai penunjang dan pemasok bahan baku antara dalam negeri, serta jasa keinsinyuran untuk industri mobil dan motor nasional yang akan dibangun.

"Ini agar terbangun ketahanan mata rantai nasional Indonesia yang kokoh," kata politisi yang juga merupakan Anggota DPR RI ini.

Sedangkan untuk langkah terakhir, Mardani mengingatkan untuk dibentuknya aturan hukum yang melindungi dan menjamin terlaksananya peningkatan daya saing melalui proses peningkatan secara terus menerus.

Hal tersebut, menurut Mardani, akan dapat memangkas aturan-aturan dan birokrasi yang menghambat tumbuhnya proses inovasi di kalangan industrialisasi transportasi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Johnny Darmawan mengatakan bahwa produk otomotif Esemka besutan PT Solo Manufaktur Kreasi memerlukan waktu untuk mengisi ceruk pasar otomotif dalam negeri.

"Perlu pendalaman dan pengalaman dahulu, seperti halnya merek lain yang ada di Indonesia, butuh waktu puluhan tahun hingga akhirnya muncul brand image. Kalau sekarang masih kecil," katanya.

Menurut Johnny, Esemka perlu membuktikan keunggulannya, baik dari segi ketahanan, purna jual, hingga pelayanan yang diberikan untuk pelanggan di dalam negeri.

Di tempat terpisah, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan harga mobil Esemka yang relatif terjangkau dan tingginya kebutuhan mobil berjenis pikap dan sport utility vehicle (SUV) di pasar Indonesia, akan membuat produk anak bangsa itu menyaingi mobil dari merek dan prinsipal asing yang selama ini menguasai pasar domestik.

Sementara, Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Riza meminta pemerintah menggunakan produk karya anak bangsa seperti Esemka yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, sebagai wujud nyata mendukung industrialisasi.

"Peranan pemerintah justru di situ, tidak hanya membantu dengan kebijakan tapi juga memberi dukungan moral dengan membeli dan menggunakan produk karya anak bangsa," katanya.

Rizal menuturkan dukungan pemerintah itu juga berlaku untuk semua produk karya anak bangsa selain Esemka, misalnya motor listrik Gesits.

Ia menyebut penggunaan produk karya anak bangsa misalnya bisa dilakukan dengan kewajiban pengadaan barang oleh pemerintah. Menurut dia, hal tersebut juga telah lumrah dilakukan di banyak negara.

Baca juga: Menunggu tindak lanjut Jokowi kembangkan mobil Esemka
Baca juga: Kadin: Esemka perlu waktu isi ceruk pasar otomotif

Baca juga: Mendag yakin mobil Esemka bisa bersaing di pasar otomotif domestik

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019