Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, melantik dan mengambil sumpah jabatan dua deputi gubernur di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, yaitu Ir. Suharti yang akan membidangi Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman serta Dr. Dadang Solihin membidangi Budaya dan Pariwisata.

Dua Deputi yang baru saja dilantik di Balai Kota Jakarta, pada Kamis ini, diketahui sebelumnya merupakan pegawai Bappenas yang diharapkan dapat membantu melaksanakan tugas Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

"Alhamdulillah kamj bersyukur pada hari ini proses panjang telah mendapatkan ujungnya. Jabatan Deputi Gubernur merupakan jabatan yang bertugas membantu gubernur dalam menyelenggarakan pemerintahan sesuai dengan Pasal 14 UU Nomor 29 Tahun 2007," kata Anies di Jakarta, Kamis.

"Amanat yang diberikan oleh saudara-saudara semua adalah amanah yang besar, tapi Insya Allah bukan amanat yang berat. Insya Allah amanat itu akan dijalankan dengan sebaik-baiknya," kata Anies melanjutkan.

Baca juga: Gubernur pastikan kenyamanan angkutan umum di Jakarta

Baca juga: Perluasan ganjil genap, DPRD kritik Transjakarta belum optimal

Baca juga: Pemkot Jakpus imbau lurah dan camatnya gunakan sepeda ketika bertugas


Anies menyampaikan bahwa dua deputi gubernur yang baru menjabat ini dapat langsung berkolaborasi bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Sebagai pemerintah di Jakarta yang masih merupakan Ibu Kota negara, Anies menegaskan bahwa jabatan yang baru saja diemban mendapatkan tantangan cukup besar. Karenanya, diharapkan dengan penambahan sumber daya manusia berkualitas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta makin mendorong kemajuan di Ibu Kota.

"Di bidang Budaya dan Pariwisata, ini adalah bidang yang menjadi prioritas. Jakarta adalah simpul kebudayaan untuk Indonesia lintas unsur suku bangsa ada di sini. Dan momen pembentukan Indonesia ada di kota ini. Karena itu, unsur kebudayaan pengembangannya harus dilakukan secara serius," ucapnya.

"Yang kedua adalah pariwisata. Kami menyadari persis bahwa salah satu pembuat perekonomian paling cepat pada hari-hari ini adalah pariwisata. Dan kami berharap nantinya bidang ini bisa berkembang amat pesat. Karena itu, seriusi untuk mengembangkan kedua bidang ini," tutur Anies lebih lanjut.

Selanjutnya, Anies juga menyatakan bidang Kependudukan dan Permukiman merupakan salah satu masalah yang harus dientaskan, karena Jakarta telah menjadi magnet Indonesia dalam pergerakan ekonomi.

Dia juga menekankan, setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk dapat bekerja di mana saja, sehingga arus urbanisasi dan hunian yang ada di Jakarta harus mampu dikelola dengan baik.

"Kita berharap nantinya para Deputi bisa me-review apa-apa saja yang sudah menjadi program kerja dan kegiatan, lalu memberikan masukan kepada Gubernur untuk bisa memastikan semua sejalan, terutama di kedua bidang tadi. Kita menginginkan Jakarta terus berkembang menjadi kota pusat bisnis dan destinasi wisata kota, dan menjadi kota yang berbudaya untuk seluruh penghuninya tinggal dan memungkinkan semua penduduk yang tinggal di Jakarta untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik," ujar Anies.

Perlu diketahui, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, sebelumnya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ir. Gamal Sinurat. Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah ini juga diisi dengan penandatanganan secara simbolis serta serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Bapak/Ibu sekalian atas amanat baru. Selamat bergabung di Pemprov DKI Jakarta. Insya Allah kerja bersama kita, kerja yang membawa manfaat bagi semua, dan Insya Allah mendapatkan berkah dari Allah SWT," tutur Anies.

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019