Wabup Kepulauan Seribu pimpin gerakan bersih laut dan pantai

id Kepulauan Seribu,Bersih Pantai,Bersih Laut,Fauzi Lamboka

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta Junaedi memimpin gerakan bersih laut dan pantai memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kamis (12/9/2019) (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta Junaedi memimpin gerakan bersih laut dan pantai memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kamis.

"Laut merupakan bagian dari kebutuhan manusia khususnya warga kepulauan seribu," kata Junaedi saat memimpin gerakan serentak bersih laut dan pantai.

Junaedi menjelaskan Kepulauan Seribu merupakan wilayah pemukiman penduduk, juga merupakan daerah destinasi wisata yang ditetapkan sebagai kawasan strategi pariwisata nasional.

"Kita berkeinginan kegiatan ini jangan sesaat, tetapi berkelanjutan agar laut dan pantai kita bisa menjadi bersih untuk tujuan nol sampah," harapnya.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu dukung program Masyarakat Peduli Penyiaran

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu gandeng KPA tanggulangi HIV/AIDS

Baca juga: Nelayan Kepulauan Seribu ikuti sosialisasi keamanan melaut


Gerakan itu melibatkan sekitar 360 orang dari berbagai elemen diantaranya instansi di Kepulauan Seribu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) hingga Pekerja Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).

Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Herbert mengatakan kegiatan itu serentak dilakukan di 260 pelabuhan se Indonesia.

"Dari beberapa pelabuhan di Kepulauan Seribu, kami pusatkan pelaksanaan di Pelabuhan Untung Jawa," ujar Herbert.

Pusat gerakan serentak itu dilakukan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta dengan tujuan akhir meraih rekor MURI dunia sebagai aksi membersihkan laut secara serentak di pelabuhan terbanyak se Indonesia.
 

Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar