Beliau sangat berperan dengan memberikan fondasi-fondasi yang penting dan kuat terhadap negara Indonesia termasuk terkait perekonomian
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan prestasi Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie telah memberikan fondasi penting yang kuat bagi berbagai sektor kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

"Kita telah menundukkan kepala mendoakan almarhum Bapak BJ Habibie yang telah meninggal dunia tadi malam," katanya di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019, Sri Mulyani menuturkan peran BJ Habibie terasa dalam perekonomian Indonesia yang pada 1998 sedang mengalami kesulitan.

"Beliau sangat berperan dengan memberikan fondasi-fondasi yang penting dan kuat terhadap negara Indonesia termasuk terkait perekonomian," katanya.

Sementara itu, Sri Mulyani dalam akun  Instagramnya @smindrawati menjelaskan bahwa jasa-jasa BJ Habibie sangat besar sejak masa awal reformasi yang sedang dalam transisi krisis menuju sistem demokrasi dan otonomi daerah.

Menurutnya, berbagai langkah berani yang diambil oleh BJ Habibi saat itu telah mampu mengubah politik Indonesia secara fundamental sehingga menjadi negara yang terbuka, demokratis, dan terdesentralisasi dengan mekanisme check and balance.

Sri Mulyani mengatakan peran BJ Habibie dalam pengembangan industri strategis seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut dan peralatan militer juga menjadi fondasi bagi Indonesia untuk mengembangkan industri strategis ke depan.

"Beliau adalah bapak bangsa yang dicintai dan dibanggakan oleh generasi penerus karena prestasi dan dedikasinya memberikan inspirasi bagi banyak generasi selanjutnya," tulisnya.

Ia melanjutkan, perhatian BJ Habibie untuk mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan kompetitif diwujudkan dengan pengiriman anak-anak bangsa untuk menimba ilmu di bidang science dan teknologi di luar negeri sehingga Indonesia memiliki bibit-bibit unggul dalam memajukan bangsa.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dengan kepergian BJ Habibie maka Indonesia telah kehilangan seorang figur yang seimbang dalam pencapaian puncak ilmu pengetahuan, karier politik kenegarawanan, seseorang yang memiliki kecintaan dan darma bakti yang luar biasa besar terhadap negara dan bangsa, sekaligus seorang yang religius dengan keimanan dan ketakwaan yang teguh.

"Saya sangat kehilangan seorang mentor yang luar biasa dan teladan. Selamat jalan Pak Habibie, selamat berkumpul kembali dengan istri tercinta Ibu Ainun Habibie di tempat terindah di sisi Allah SWT," tulisnya lagi.

Pada pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019 juga dilaksanakan mengheningkan cipta untuk kepergian BJ Habibie.

Selain itu, Sri Mulyani beserta seluruh peserta rapat tersebut turut mendoakan BJ Habibie, yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia, agar diampuni segala kekurangannya dan ditempatkan di sisi yang terbaik.

Baca juga: Prestasi BJ Habibie berhasil sehatkan perbankan nasional
Baca juga: Jokowi: Indonesia tidak lupa dengan jasa Habibie sewaktu jadi Presiden

Baca juga: BJ Habibie wafat, ucapan duka datang dari Belanda, AS, Kanada, Qatar

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019