Jakarta (ANTARA) - Tenda beratap putih sepanjang 96 meter didirikan di depan rumah almarhum Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis dini hari.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun di lokasi, nantinya tenda yang beralaskan karpet berwarna merah digunakan dalam bagian acara prosesi pemakaman Habibie yang wafat pada Rabu (11/9) petang di Jakarta.

Lalu, akan ada sekitar 500 kursi yang disiapkan untuk para tamu di bawah tenda tersebut. Kemudian, terdapat pula dua televisi layar datar yang ditujukan untuk pelayat di luar ruangan.

Alat pendeteksi logam (metal detector) dan pemindai barang bawaan juga disiagakan di salah satu gerbang masuk rumah Habibie.

Baca juga: Fahri Hamzah: Habibie pantas mendapatkan Nobel

Baca juga: Warga Pangkalpinang mulai kibarkan bendera setengah tiang


 
Tenda berdiri di luar rumah almarhum Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). (ANTARA/Michael Siahaan)



Prosesi pemakaman BJ Habibie rencananya dimulai setelah Shalat Zuhur. Upacara pemakaman diadakan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, dengan inspektur Presiden Joko Widodo.

Sampai pukul 03.30 WIB, suasana rumah BJ Habibie sudah sepi dari para pelayat. Hanya ada beberapa anggota keluarga berada di sisi peti jenazah Habibie yang dijaga oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Di luar, ratusan karangan bunga berbaris menyisir tepi jalan. Tanda turut berduka cita itu berasal dari berbagai pihak termasuk dari Presiden Joko Widodo berserta keluarga, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta keluarga dan Wakil Presiden Indonesia terpilih 2019-2024 KH Ma'ruf Amin berserta keluarga.
 
Karangan bunga duka cita dari Presiden Joko Widodo di rumah almarhum Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). (ANTARA/Michael Siahaan)


Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9).

Jasadnya disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Wakil Presiden ketujuh Republik Indonesia tersebut akan dikebumikan di samping pusara isterinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9).*

Baca juga: Peneliti The Habibie Center kenang Habibie sebagai sosok egaliter

Baca juga: BJ Habibie berperan menekan praktik monopoli

 

Habibie Wafat – Rencana upacara pemakaman BJ Habibie

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019