Kapolda Papua: 700 mahasiswa asal Papua pulang

id Kapolda Papua: 700 mahasiswa asal Papua pulang,damai papua,demonstrasi papua,unjuk rasa papua,papua,papua barat,papua terkini

Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja didampingi Rektor Uncen (kemeja putih) dan Purek III USTJ Jayapura di Jayapura, Senin. (ANTARA News Papua/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja mengakui saat ini tercatat 700 mahasiswa asal Papua yang sebelumnya kuliah di berbagai perguruan tinggi pulang dan berada di Jayapura.

Kepulangan ratusan mahasiswa itu sangat disayangkan karena akan berdampak kepada masa depan mereka sendiri.

"Sekitar 700 mahasiswa yang sudah pulang itu terbanyak yang kuliah di Manado," kata Kapolda Papua Irjen Pol Rodja seusai melakukan pertemuan dengan Rektor Uncen dan Purek III USTJ di Jayapura, Senin.

Baca juga: Pemkab Jayapura minta mahasiswa kuliah di luar Papua tetap belajar

Baca juga: Papua Terkini- Gubernur Papua sayangkan kepulangan ratusan mahasiswa


Dikatakannya, Kapolri sendiri sudah menyampaikan kepada seluruh kapolda agar memberikan jaminan keamanan kepada mahasiswa sehingga mereka tetap berkuliah dengan aman hingga selesai.

“Mahasiswa jangan menjadi korban dari kepentingan elit-elit atau kelompok tertentu karena sangat kecil kemungkinan mereka dapat melanjutkan pendidikannya di berbagai perguruan tinggi yang ada di Papua,” kata Irjen Pol Rodja.

Kapolda mengajak mahasiswa yang masih berada di berbagai kota di Indonesia agar tetap melanjutkan pendidikannya dan tidak terpengaruh karena keamanan mereka dijamin seperti halnya mahasiswa lainnya. "Tidak perlu takut dan lakukanlah aktivitas seperti biasa karena polisi menjamin keamanan." 

Baca juga: Papua Terkini - Mahasiswa Jayawijaya di Makassar diminta tenang

Pewarta : Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar