Lebih bagus kita tambah 1.000 musuh daripada satu orang penghianat, kita harus membersihkan negeri ini dari orang-orang yang melakukan penghianatan
Jakarta (ANTARA) - Mantan Kepala BIN Hendropriyono mengatakan keberadaan pengkhianat di dalam negara ini sangat membahayakan keutuhan bangsa, termasuk adanya penghianat di kerusuhan Papua.

"Lebih bagus kita tambah 1.000 musuh daripada satu orang pengkhianat, kita harus membersihkan negeri ini dari orang-orang yang melakukan penghianatan," kata Hendropriyono di Jakarta, Kamis malam.

Oleh karena itu menurut dia, rakyat dan semua elemen harus bersatu demi mencegah pengkhianat mencari panggung bagi kepentingan mereka sendiri pada kerusuhan Papua.

Caranya menurut dia, dengan tidak memberikan berbagai pandangan yang bisa menguntungkan orang-orang yang berniat membuat Papua bergejolak.

Salain itu, juga perlu adanya tindakan cooling down terhadap berbagai macam publikasi kerusuhan dan keributan yang terjadi di Papua.

"Kita harus melawan, bersatu padu dan yang mempersatukan kita cuma satu, ideologi yaitu Pancasila, kebhinekaan kita jaga supaya tidak pecah belah," katanya.

Dia juga meminta kepada pihak-pihak yang membuat kerusuhan di Papua untuk berhenti mencari panggung untuk kepentingan diri, LSM atau kelompok mereka.

Sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis malam, Hendropriyono menerima kedatangan Prabowo Subianto di kediamannya Senayan Residence. Selain temu kangen, keduanya mendiskusikan berbagai masalah kebangsaan, termasuk soal pemulihan Papua.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019