Jakarta (ANTARA) - Tim promosi Liga Jerman Union Berlin memaksa Borussia Dortmund menelan kekalahan pertama musim ini saat menjungkalkan tamunya itu 3-1 dalam laga pekan ketiga di Stadion An der Alten Foersterei, Minggu dini hari WIB.

Dwigol Marius Buelter ditambah gol Sebastian Anderson yang hanya bisa dibalas Paco Alcacer menghentikan catatan sempurna Dortmund yang selalu menang di dua laga sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu kian dibuat ironis dengan kehadiran Neven Subotic, yang sempat membela Dortmund selama 2008-2018, di kubu Union Berlin.

Akibatnya, Dortmund yang menutup pekan lalu di puncak klasemen kini melorot di urutan kelima dengan koleksi enam poin, sementara Union Berlin (4) melompat ke peringkat ke-10.


Baca juga: Werner kemas trigol antar Leipzig pecundangi Gladbach


Tuan rumah tak gugup menghadapi Dortmund dan mengimbangi permainan mereka, bahkan membuka keunggulan lebih dulu lewat tendangan kaki kanan Buelter dalam situasi sepak pojok pada menit ke-22.

Dortmund menyamakan kedudukan dua menit berselang melalui sontekan jarak dekat Alcacer menyelesaikan umpan kiriman Jadon Sancho.

Die Borussia lantas berusaha berbalik unggul namun pada menit ke-44 tembakan Julian Weigl dari luar kotak penalti membentur tiang gawang, seolah menjadi pertanda hal buruk bakal terjadi untuk tim besutan Lucien Favre itu.

Lima menit memasuki babak kedua, Buelter berhasil mencetak gol keduanya dari luar kotak penalti demi mengembalikan keunggulan Union Berlin.

Subotic bahkan hampir menabur garam di luka Dortmund jika saja tembakannya pada menit ke-63 dalam situasi sepak pojok tak menyamping ke sisi gawang.

Dortmund berusaha bangkit namun upaya mereka kian dipersulit ketika situasi sepak pojok kembali berhasil dimanfaatkan Union Berlin pada menit ke-75.

Andersson yang berada di dalam kerumunan pemain di tengah kotak penalti melepaskan tembakan kaki kanan yang tak mampu dihalau kiper Roman Buerki.

Jibaku Dortmund untuk menyelamatkan wajah mereka tak membuahkan hasil, kekalahan 1-3 dari Union Berlin harus mereka telan saat peluit tanda laga usai berbunyi.


Baca juga: Muenchen bangkit dan cukur Mainz 6-1

Susunan pemain:

Union Berlin (4-4-2): Rafal Gikiewicz; Christopher Trimmel, Marvin Friedrich, Neven Subotic, Christopher Lenz; Sheraldo Becker, Manuel Schmiedebach (Christian Gentner), Robert Andrich, Marius Buelter (Joshua Mees); Sebastian Andersson, Anthony Ujah (Felix Kroos)
Pelatih: Urs Fischer

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Mats Hummels, Achraf Hakimi; Julian Weigl (Raphael Guerreiro), Thomas Delaney (Mahmoud Dahoud); Jadon Sancho, Marco Reus, Julian Brandt (Jacob Bruun Larsen); Paco Alcacer
Pelatih: Lucien Favre

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019