14 negara ikuti kejuaraan internasional Tapak Suci

id kejuaraan internasional tapak suci,silat,silat tapak suci

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Afnan Hadikusumo (kanan) bersama Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais (tengah), dan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) (kiri) saat jumlah pers di Kampoung UMS Surakarta, Kamis. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Sebanyak 14 negara mengikuti kejuaraan internasional "Tapak Suci World Championship 2019" merebutkan Piala M. Barrie Irsyad, yang akan digelar di GOR Sritex Arena Solo, pada tanggal 1-5 September mendatang.

Kejuaraan internasional Tapak Suci diikuti 14 negara yakni Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Uganda, Maroko, Thailand, Lebanon, Sudan, Palestina, dan tuan rumah Indonesia, kata Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Afnan Hadikusumo, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis.

Menurut Afnan Hadikusumo pada kejuaraan tersebut akan dipertandingkan 18 nomor kategori olahraga terdiri atas 11 putra dan 7 putri, sedangkan 16 nomor lainnya kategori seni (8 putra, 7 putri, dan 1 beregu).

"Atlet dari 14 negara yang sudah dipastikan hadir ada 547 pesilat , dan Indonesia akan menurunkan 28 tim dari perwakilan pimpinan wilayah," katanya.

Dia mengatakan Kota Solo dipilih sebagai lokasi event perdana kejuaraan tersebut karena daerah ini memiliki kaitan erat dengan budaya. Tapak Suci merupakan bagian dari pencak silat yang menjadi budaya asli Indonesia. Solo merupakan poros budaya Jawa.

Menurut ketua panitia penyelenggara Wiwaha Aji Santosa pada kejuaraan internasional Tapak Suci pertama di Solo, acara pembukaan dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Afnan Hadikusumo, Rektor UMS Sofyan Anif, Tokoh Pencak Silat Dunia Mayjen TNI (Purn.) Eddie Marzuki Nalapraya.

Selain itu, kata dia, juga akan digelar temu tehnik yakni pendidikan karakter dan pelatihan bersama anggota Tapak Suci yang dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Afnan Hadikusumo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Gubernur DKI Jakarta sekaligus pendekar Tapak Suci Anies Rasyid Baswedan, selaku narasumber.

"Pada acara tehnik yang digelar di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (31/8), akan diikuti sebanyak 2.500 siswa Tapak Suci.

Sedangkan pada pembukaan kejuaraan tapak suci di GOR Sritex Arena Minggu (1/9), katanya.

Ia mengatakan panitia berusaha mengundang seluruh potensi yang ada karena kejuaraan tersebut baru kali pertama diselenggarakan. Para atlet pencak silat nasional dari perguruan Tapak Suci juga akan diturunkan dalam kejuaraan itu, antara lain Nadia Haq Umami, Iqbal Candra dari Jateng dan Eko Febrianto (Jatim).

"Kami banyak atlet Tapak Suci yang jadi bagian atlet pelatnas pencak silat. Kejuaraan Internasional ini, mengambil tema 'Dengan Kejuaraan Dunia Tapak Suci, Kita Songsong Sukses Muktamar Muhammadiyah dan Pencak Silat menuju Olimpiade 2020'," katanya. ***3***

Baca juga: Zulkifli Hasan dikukuhkan jadi pendekar kehormatan Tapak Suci
Baca juga: Tapak Suci perlu buka cabang di Gaza

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar