Jakarta (ANTARA) - Bagi warga Jakarta yang malas terlalu lama antre untuk konsultasi ke dokter karena harus menunggu giliran dengan pasien lain dapat mengunduh aplikasi Halodoc.

"Di dalam aplikasi Halodc ini ada fitur untuk janji dengan dokter secara online," kata Jonathan Sudharta, CEO Halodoc di Jakarta, Rabu.

Menurut Jonathan fitur ini dibuat untuk menjawab permasalahan antrean panjang di rumah sakit yang selama ini masih menjadi permasalahan pelik pelayanan kesehatan di Indonesia.

"Masyarakat harus mengantre lama untuk bertemu dokter, yang seringkali lebih singkat dibanding waktu tunggunya," ujarnya.

Padahal di rumah sakit pemerintah sudah menetapkan standar minimal untuk setiap pelayanan.

"Misalnya bagi pasien rawat jalan, standar waktu tunggunya tidak lebih dari 60 menit sejak pasien mendaftar hingga dilayani oleh dokter. Semuanya sudah diatur dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal," kata Jonathan.

Selain waktu tunggu lama di rumah sakit, terkadang pasien harus pulang karena slot dokter sudah penuh, ungkapnya.

Jonathan khawatir kalau dibiarkan berlarut, permasalahan ini bukan hanya berdampak pada kepuasan pasien, tapi juga masalah kesehatan yang dialaminya.

Layanan “Buat Janji Dokter Online” dapat dimanfaatkan oleh pasien BPJS dan reguler.

Untuk menggunakannya, pasien hanya perlu masuk ke bagian “Rumah Sakit” di situs resmi Halodoc. Kemudian, pilih rumah sakit yang ingin dikunjungi dan tentukan jenis pendaftaran. Selanjutnya pasien tinggal memilih jenis perawatan berdasarkan Poliklinik, pilih dokter, lalu tentukan tanggal dan waktu konsultasi.

Setelah menentukan jadwal, pasien hanya perlu mengisi data yang diminta. Pihak Halodoc nantinya akan mengirim permintaan janji konsultasi ke rumah sakit. Apabila sudah disetujui, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor ponsel pasien via SMS.

Selanjutnya, pasien hanya perlu datang ke rumah sakit 30 menit sebelum jadwal konsultasi, lalu tunjukkan kode verifikasi untuk konfirmasi kehadiran.

Layanan ini sementara ini bisa dilakukan untuk Rumah Sakit Premier Jatinegara, Rumah Sakit Pusat Pertamina, Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Duta Indah, serta Rumah Sakit Premier Bintaro.

Sedangkan untuk luar Jakarta layanan ini baru di Surabaya yakni RS Wiyung Sejahtera, Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, RS Semen Gresik Surabaya, Rumah Sakit Royal Surabaya.

"Kami akan tambah layanan tahun ini hingga 100 rumah sakit," janji Jonathan.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019