Cegah kecelakaan akibat pindah jalur, Tol Cipali dipasang tali baja

id Tol Cipali,median jalan tol cipali,tali baja,wire rope,lintas marga sedaya

Dalam rangka mencegah kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan menyeberang ke arah lajur berlawanan, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sedang melakukan pemasangan wire rope sepanjang 18 Km di median jalan Tol Cipali, Rabu (ANTARA/Aji Cakti).

Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka mencegah kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan menyeberang ke arah lajur berlawanan, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sedang melakukan pemasangan wire rope sepanjang 18 kilometer di median jalan Tol Cipali.

"Wire rope atau tali baja ini sangat kita perlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan yang menyeberang ke arah berlawanan di jalan tol yang telah beberapa kali terjadi," ujar General Manager Operasional LMS, Suyitno di Tol Cipali, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa untuk tahun ini program kerja dari LMS adalah memasang tali baja tambahan sepanjang 18 km. Pada tahun lalu sudah terpasang tali baja tambahan sepanjang 16 km, sehingga total tali baja yang terpasang menjadi 34 km.

Jika tidak ada kendala berarti, pemasangan tali baja tersebut di Tol Cipali diharapkan dapat rampung sekitar bulan September - Oktober.

"Di samping memasang wire rope, kita juga memasang rumble dot di jalan dengan fungsi memberikan peringatan kepada pengemudi saat dia melewati lajur utama di jalan tol," kata Suyitno.

Pihaknya juga akan menambah pemasangan lampu strobo yang berfungsi untuk mengingatkan pengemudi agar tidak mengantuk.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Operasional LMS Agung Prasetyo menyampaikan bahwa jalan Tol Cipali sudah memenuhi standar-standar yang ada.


"Kegiatan ini merupakan bentuk upaya kami bersama rekan-rekan kepolisian, di mana pada intinya untuk memberikan tambahan pencegah serta untuk mengurangi risiko fatalitas kecelakaan terhadap kejadian-kejadian yang beberapa kali terjadi di Tol Cipali," ujar Agung saat melakukan inspeksi langsung pemasangan tali baja di Tol Cipali.

Dia juga mengimbau agar para pengemudi yang melintasi Tol Cipali untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Pemasangan tali baja di median jalan ini merupakan tahapan enginering sebagai bagian dari konsep 3E (Enginering, Enforcement dan Education) yang digalakkan oleh PT LMS selaku operator jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Pemasangan tali baja di median jalan ini telah dipasang pada titik-titik rawan kecelakaan.

Total seluruh tali baja di median jalan Tol Cipali yang telah dipasang oleh PT LMS sepanjang 34.160,80 meter, terdiri dari jalur A sepanjang 16.567,40 meter dan jalur B sepanjang 17.593,40 meter.


Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar