Jamaah haji Embarkasi Surakarta meninggal menjadi 45 orang

id Jamaah haji Debarkasi,Surakarta meninggal menjadi 45

Sejumlah jamaah haji menjalankan ibadah Sholat Isya setibanya di asrama haji Donohudan Boyolali Jateng, (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Jumlah jamaah haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Surakarta Jawa Tengah yang meninggal dunia hingga kedatangan kelompok terbang kloter 26 asal Sleman, bertambah menjadi 45 orang.

Menurut data dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, hingga Senin, pukul 20.30 WIB, jamaah haji yang meninggal asal Jateng di Tanah Suci bertambah satu orang sehingga menjadi 45 orang.

Seorang haji asal Jateng yang meninggal tersebut yakni Sanrusdi Sanrawi Astrawikrama (84) warga Desa Peniron RT 04 RW 12 Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Haji ini, dilaporkan meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi di Mekah, Minggu (25/8), sekitar pukul 05.50 WAS.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo satu haji asal Kebumen Jateng yang meninggal dunia dilaporkan karena sakit gangguan saluran pernafasan. Jenazahnya langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Sharayya Mekah Arab Saudi.

"Bertambah satu haji meninggal itu, sehingga jumlah jamaah yang meninggal menjadi 45 orang. Jumlah ini, terdiri dari 43 orang meninggal di Tanah Suci, satu orang di dalam pesawat saat perjalanan, dan satu lainnya, di asrama haji Donohudan Boyolali," katanya.

Dia mengatakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Surakarta kini kedatangan jamaah haji kloter 26 asal Kabupaten Sleman Yogyakarta sebanyak 360 orang. Jamaah haji ini, berangkat dari Arab Saudi, Senin, pukul 03.00 WAS, dan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 20.13 WIB atau lebih cepat 12 menit dari jadwal semula.

Jamaah haji kloter 26 kemudian dievakuasi dari bandara menuju asrama haji Donohudan Boyolali, dan setelah acara serah terima kepada panitia daerah kemudian dipulangkan ke daerah asal.

"Dengan dipulangkan jamaah haji kloter 26 asal Sleman ini, jumlah haji yang sudah dikembalikan ke daerah sebanyak 9.321 orang atau sekitar 26,8 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci," katanya.

PPIH Debarkasi Surakarta juga masih menunggu kedatangan jamaah haji kloter 27 juga asal Kabupaten Sleman, yang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 23.05 WIB. Haji kloter 27 ini, sebanyak 360 orang atau "full seat".

"Kami sebelumnya juga menerima kedatangan jamaah haji kloter 25 gabungan asal Kabupaten Bantul dan Sleman. Haji kloter 25  sebanyak 360 orang tiba di bandara, pada pukul 06.08 WIB," katanya. ***3***

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar