Jamaah haji Yogyakarta dijadwalkan tiba Minggu pagi

id jemaah haji,yogyakarta, pulang,haji 2019

Ilustrasi - Suasana kedatangan jamaah haji asal Kota Yogyakarta. (ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Jamaah haji asal Kota Yogyakarta yang tergabung dalam Kelompok Terbang 21 SOC dan 22 SOC dijadwalkan kembali tiba di Yogyakarta pada Minggu (25/8) pagi.

“Kedua kelompok terbang (kloter) tersebut dijadwalkan tiba di Adi Sumarmo pada Minggu (25/8) dengan waktu kedatangan terpaut sekitar 1,5 jam yaitu sekitar pukul 01.30 untuk Kloter 21 SOC disusul Kloter 22 SOC,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi di Yogyakarta, Rabu.

Setelah mendarat di Bandara Adi Sumarmo, seluruh jamaah haji akan dikumpulkan terlebih dulu di Asrama Haji Donohudan baru kemudian diberangkatkan kembali ke kota asal dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit untuk tiba di Yogyakarta.

“Keluarga bisa menjemput jemaah haji di kompleks Balai Kota Yogyakarta. Sekarang, kami sedang melakukan berbagai persiapan untuk menjemput kepulangan jamaah haji,” kata Nur.

Baca juga: Retno Murniati perawat jiwa KKHI ingin selalu buat jamaah tersenyum

Baca juga: Jamaah asal Yogyakarta mayoritas sudah tunaikan umrah wajib di Mekkah


Hingga saat ini, Nur mengatakan, jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 21 SOC dan 22 SOC tersebut dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak ada yang meninggal dunia. Seluruhnya berada di Mekkah untuk menanti jadwal kepulangan.

“Jika ada jamaah yang sakit dan biasanya disebabkan kelelahan, maka bisa ditangani oleh petugas yang ada di Tanah Suci dan tidak sampai mengganggu proses ibadah,” katanya.

Total jamaah haji asal Kota Yogyakarta yang tergabung dalam Kloter 21 SOC tercatat sebanyak 354 jemaah dan di Kloter 22 SOC sebanyak 92 jemaah. Kedua kloter tersebut diberangkatkan ke Tanah Suci pada 12 Juli.

Setelah tiba di Kota Yogyakarta, jamaah haji diimbau untuk segera memeriksakan kesehatan di puskesmas dan koper baru bisa diambil satu hari setelah tiba di Yogyakarta.

Selain kedua kloter tersebut, jamaah haji asal Kota Yogyakarta juga ada yang tergabung dalam Kloter 96 SOC sebanyak empat orang serta Kloter 97 SOC sebanyak 49 orang yang diberangkatkan pada 4 Agustus.

“Jamaah untuk dua kloter terakhir tersebut saat ini juga masih berada di Mekkah. Pada H-9 sebelum jadwal kepulangan 15 September, mereka akan berangkat ke Madinah terlebih dulu,” katanya.

Nur Abadi menyebut, jamaah haji asal Kota Yogyakarta yang diberangkatkan tahun ini rata-rata mendaftar pada 2011. Untuk saat ini, daftar antrian haji di Kota Yogyakarta sudah mencapai sekitar 25 tahun. “Jika mendaftar hari ini, maka akan diberangkatkan pada 2044,” katanya.*

Baca juga: Satu calon haji kloter pertama Yogyakarta mengundurkan diri

Baca juga: Pemondokan Jarwal, tempat calon haji Yogyakarta


Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar