Medan (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019 asal Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan kagum menyaksikan perkembangan ekonomi masyarakat Kota Medan terlihat dari pertumbuhan pusat perbelanjaan dan hiburan yang ada di Ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Salah seorang SMN asal Sulteng, Delfiana Luamba di Medan, Selasa malam mengatakan pusat perbelanjaan yang cukup indah itu, yakni Mall Centre Point yang terletak di Jalan Jawa, Kota Medan, dan dekat dengan Stasiun Kereta Api Medan.

Mall Centre Point itu, menurut dia, tidak hanya kelihatan mengah, namun juga paling besar dari seluruh pusat perbelanjaan yang ada di Medan.

"Selain itu, Mall Centre Point sangat banyak pengunjung dan setiap harinya ramai warga yang berbelanja," ujar Delfiana.
Baca juga: Peserta SMN Sulteng ingin menjadi pengusaha muda

Ia mengatakan, merasa senang bisa berkunjung ke daerah Provinsi Sumatera Utara  pada umumnya dan khususnya kota Medan.

"Saya banyak mengambil pengalaman selama berada di Sumut, yakni berkunjung ke Danau Toba, Kabupaten Samosir, ke Istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi, dan tempat-tempat penting lainnya, katanya.

Ada 23 peserta SMN asal Sulteng selama berada di Sumatera Utara akan mengikuti berbagai kegiatan yakni Pendidikan Bela Negara di Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata di Asam Kumbang Sunggal Medan, berkunjung ke Sekolah DELL di Balige, mengikuti uacara bendera memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pabatu, Kabupaten Simalungun.
Baca juga: Peserta SMN Sulteng diedukasi semangat wirausaha

Selanjutnya berkunjung ke objek wisata alam batu gantung di kawasan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, berkunjung ke warisan budaya di Tomok Kabupaten Samosir (mempelajari tarian adat batak toba),dan menyaksikan tarian patung sigale-gale di Tuktuk Kabupaten Samosir, berkunjung ke kebun teh Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Kemudian, mengenal dan diskusi tentang PTPN IV dan sawit di Kebun Adolina di Kabupaten Serdang Bedagai, belajar media sosial (medsos), istagram, yautube dan twitter, kunjungan ke Istana Maimun Medan, berkunjung ke perpustakaan daerah di Medan, berkunjung ke PT KIM di Belawan, dan berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN, serta BTN Medan.

Penetapan 23 orang peserta SMN Tahun 2019 dan tiga  guru pendamping merupakan hasil seleksi yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019 dibiayai oleh PTPN IV, PT KIM dan PJT 1.
Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara asal Sulteng bangga naik Panser Anoa

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019