Peserta SMN Kalteng donasikan buku ke Perpustakaan Daerah Sumsel

id Smn, siswa mengenal nusantara, bumn untuk negeri, pt pelindo II palembang, perumnas, ptpn 7, siswa mengenal nusantara sumsel

Para peserta SMN Kalteng berfoto bersama para staf Dinas Perpustakaan Sumsel usai mendonasikan 200 buku bacaan, Senin (19/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mendonasikan 200 buku bacaan ke Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan untuk tambahan koleksi.

Paket buku diserahkan Staf CSR PT Pelindo II Cabang Palembang, Desi dan perwakilan peserta SMN Kalteng kepada Kabid Pelayanan Dinas Perpustakaan Daerah Sumsel, Dewi Kencanawati, Senin.

"Tahun ini kedua kalinya Perpustakaan Daerah (Pusda) Sumsel menjadi tujuan donasi peserta SMN BUMN, semoga donasi buku ini dapat menebar manfaat," kata Dewi Kencanawati saat menerima peserta SMN Kalteng.

Buku tersebut bantuan PT Pelindo II yang diserahkan ke peserta SMN untuk di donasikan ke Pusda Sumsel sebagai simbol gerakkan mendukung peningkatan literasi di Sumsel.

Kepada para peserta SMN, Dewi menerangkan fungsi dan peran Pusda Sumsel dalam meningkatkan minat baca masyarakat, di antaranya dengan program perpustakaan keliling dan perpustakaan Sabtu - Minggu.

"Setiap Sabtu dan Minggu kami tetap membuka perpustakaan mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB, karena minat kunjungan masyarakat ke Pusda Sumsel cukup tinggi," ujar Dewi.

Sementara guru pendamping peserta SMN, M. Nur Ismail, mengatakan bahwa mengunjungi perpustakaan harus menjadi kebiasaan para siswa atau pelajar, karena itu merupakan cara mengenali Indonesia.

"Salah satu cara mengenali nusantara yakni dengan membaca buku, dan buku sendiri tidak bisa dilepaskan dari peran perpustakaan," kata M. Nur.

Selain berdonasi, para peserta juga diajak melihat berbagai ruangan di perpustakaan daerah, para peserta nampak antusias saat memasuki satu persatu ruangan yang total menyimpan puluhan ribu koleksi buku, arsip koran dan buku braille tersebut.

Baca juga: Peserta SMN Kalteng belajar membuat pempek Palembang
Baca juga: Kain khas "ulos" diburu peserta SMN asal Sulawesi Tengah
Baca juga: Peserta SMN Sumut kunjungi RKB Telkom Palu

Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar