Jakarta (ANTARA) - "Toy Story 4" telah melampaui angka 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) di box office global dan menjadi rilisan kelima dari Disney yang mampu meraih hasil tersebut.

Menurut laporan The Hollywood Reporter, Jumat, sepanjang tahun ini, Disney telah merilis enam film dan lima di antaranya bergabung dengan klub elit yang mampu menghasilkan angka miliaran.

Bersama Pixar, Disney kini memiliki empat film yang jumlah pendapatannya mencapai 1 miliar dolar AS, yakni "Incredibles 2", "Finding Dory", "Toy Story 3" dan "Toy Story 4". "Toy Story 3" sendiri dinobatkan sebagai film animasi nomor delapan terlaris sepanjang masa.

Pada hari Rabu (14/8), "Toy Story 4" telah meraup 421,8 juta dolar AS di dalam negeri dan 579,9 juta dolar AS untuk internasional sehingga jika dihitung secara keseluruhan jumlahnya mencapai 1.002 miliar dolar AS.

Di Inggris "Toy Story 4" menjadi film animasi kedua terlaris sepanjang masa dengan meraih 75,2 miliar dolar AS, sedangkan pasar tertinggi berada di Jepang yang mendapat 77 miliar dolar AS, dan dinilai masih akan bertambah.

Sementara itu, di Meksiko "Toy Story 4" mendapat 72 miliar dolar AS, dan menjadikannya sebagai film animasi terbesar dalam hal penerimaan di seluruh dunia.

"Toy Story 4" disutradarai oleh Josh Cooley dengan pengisi suara dari artis ternama, yakni Tom Hanks (Woody), Tim Allen (Buzz Lightyear), Annie Potts (Bo Peep), Tony Hale (Forky), Christina Hendricks (Gabby Gabby), Jordan Peele (Bunny), Michael Key (Ducky) dan Keanu Reeves (Duke Caboom).

Pada 2019 ini film lain dari Disney yang masuk dalam klub miliaran dolar AS adalah "Avengers: Endgame" (2,8 miliar dolar AS), "The Lion King" (1,3 miliar dolar AS), "Captain Marvel" (1,1 miliar dolar AS), "Spider-Man: Far From Home" (1,09 miliar dolar AS) dan "Aladdin" (1,04 miliar dolar AS). Semua film di atas dirilis oleh Disney, kecuali untuk Sony Spider-Man.

Tahun 2019 anggota lain dari klub miliar dolar adalah "Avengers: Endgame" - film terlaris sepanjang masa, dengan 2,8 miliar dolar AS secara global -, "The Lion King" (1,3 miliar dolar AS), "Captain Marvel" (1,1 miliar dolar AS), "Spider-Man: Far From Home" (1,09 miliar AS) dan Aladdin (1,04 miliar AS).

Baca juga: Berisiko sebabkan tersedak, mainan Forky "Toy Story 4" ditarik
Baca juga: "Toy Story 4", nostalgia dan petualangan tanpa akhir

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019