Kembali ke Yogyakarta? Jangan lupa mampir ke lima tempat kuliner ini

id Traveloka

Tugu Yogyakarta.

Jakarta (ANTARA) - Seperti namanya, Yogyakarta memang istimewa bukan hanya bagi penduduknya, melainkan juga kepada para pelancong yang mengunjunginya untuk berlibur.

Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, kota Gudeg itu memang menawarkan paket wisata lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pantai, dan wisata kulinernya yang menggugah selera.

Bukan hanya beragam, wisata kuliner di Yogyakarta juga menawarkan harga yang murah meriah sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mencicipinya.

Agar tak bingung mencari tempat istimewa untuk bersantap di kota istimewa itu, berikut lima tempat wisata kuliner unik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi;

Pertama, mencicipi sajian tradisional ala western di House of Raminten.

Tempat kuliner yang berada di Jalan Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, itu memadukan unsur western dengan nuansa njowo yang kental.

Suasana Jawa semakin terasa karena para pelayan di House of Raminten pun menggunakan pakaian tradisional kemben dan jarik.

Restoran itu menawarkan aneka hidangan tradisional yang disajikan secara eksklusif dan berkelas ala western. Menu andalannya adalah Sego Kucing, Sego Gudeg, dan Ayam Koteka.

Selain itu, terdapat juga wedang sereh, nasi brongkos, nasi tumpeng, rawon dan masih banyak lagi. Meski terkesan mewah, harga makanan yang ditawarkan House of Raminten sangatlah terjangkau, yaitu sekitar Rp 50.000-an per orang.

Kedua, kuliner malam dengan Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo yang melegenda.

Pasar Beringharjo bukan hanya terkenal sebagai pusat oleh-oleh melainkan juga sebagai tempat wisata kuliner pada malam hari.

Salah satu pilihan kuliner yang bisa Anda coba adalah Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo. Letaknya berada di Jalan Mayor Suryotomo, Ngupasan, Gondoman, Yogyakarta.

Nasi goreng itu sangat terkenal sekaligus melegenda karena sudah dirintis sejak 1968. Menu yang ditawarkan selain nasi goreng adalah nasi goreng ayam sampai dengan daging babi.

Selain itu, tersedia juga menu rica-rica, capcay, hingga sup. Satu porsi nasi goreng di sini rata-rata harganya Rp10.000-an. Cukup terjangkau, bukan?
 
Perempatan Kantor Pos


Ketiga, sensasi berkuliner dalam kokpit pesawat di The Captain Urban Lounge.

Restoran unik yang satu itu berada di Jalan Damai No. 41, Sari Harjo, Ngaglik, Wonorejo, Sariharjo, Sleman.

The Captain Urban Lounge mempunyai konsep restoran dengan suasana di dalam kokpit pesawat terbang.

Suasana seperti berada di dalam pesawat akan semakin terasa dengan keberadaan kode mata angin penerbangan, baling-baling, dan kursi-kursi penumpang, hingga waitress yang berseragam layaknya awak pesawat.

Untuk urusan menu, restoran itu menggabungkan western dan asian. Menu andalannya antara lain, Mexican Chicken dan Chicken Wings, Chocolate Grasshoper dan strawberry tea.

Harga makanan di restoran itu mulai dari Rp25.000, sedangkan harga minuman mulai dari Rp12.000.

Keempat, menikmati hidangan dengan Nuansa Penjara di Bong Kopitown.

Tempat makan unik itu terletak di Jalan Sagan No.4, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, dan pastinya akan membuat pengalaman wisata kuliner Anda mengesankan.

Restoran itu mengusung konsep ala penjara Hongkong tahun 1967 sebagai tampilan tempat makannya, yang sekaligus menjadikannya resto pertama di Indonesia dengan konsep penjara.

Menggunakan slogan ‘The Happiest Prisoner on Earth’, pengunjung bisa mencicipi kuliner dengan cita rasa turun-temurun ala China peranakan di sana.

Beberapa menu andalannya adalah Rendang Nasi Lemak, Grandma Porridge, Ubud Crispy Duck, Singapore Laksa Noodle, dan Hainan Chicken.

Harga yang ditawarkan untuk berkuliner di Bong Kopitown sangatlah terjangkau, yaitu kurang dari Rp75.000 per orang.

Kelima, icip-Icip Sambil Selfie Cantik depan Kastil di Gubug Makan Mang Engking.

Restoran yang terletak di Jl. Soragan No.13, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, itu merupakan franchise restoran Sunda yang sudah tersebar di Bandung, Bali, dan Jakarta.

Cabang yang ada di Yogyakarta itu terbilang unik karena memiliki kolam ikan dan saung-saung serta sebuah kastil cantik yang bagus dijadikan latar foto.

Untuk menu andalannya, resto itu menyediakan berbagai hidangan seafood ala Sunda dengan harga yang sangat ekonomis, yaitu kurang dari Rp100.000 per orang.

Tempat-tempat kuliner unik di atas pastinya sudah membuat Anda tak sabar untuk mengunjungi Yogyakarta, bukan?

Untuk Anda yang ingin berlibur hemat ke kota itu, moda transportasi bus bisa menjadi alternatif yang tepat.

Cukup dengan memesan tiket bus di Traveloka kapan saja dan di mana saja, Anda sudah bisa menikmati liburan murah ke Yogyakarta. Tersedia berbagai pilihan bus kota dan DAMRI dengan harga ramah kantong.

Tunggu apa lagi, cek tiket bus DAMRI di sini untuk pengalaman liburan hemat ke Yogyakarta yang mengesankan.***

Pewarta : Jaka Sugiyanta
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar