Kegiatan Sipantas Jalan ini dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi perlengkapan jalan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan) pada Selasa (13/8) yang serentak di 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa kegiatan Sipantas jalan ini adalah salah satu bagian dari kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2019.

“Kegiatan Sipantas Jalan ini dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi perlengkapan jalan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan. Penting juga diingat bahwa dengan Sipantas Jalan kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa perlengkapan jalan adalah bagian dari fasilitas keselamatan yang harus dipelihara dan dijaga bersama,” kata Budi Setiyadi.

Untuk kegiatan pada Selasa (13/8) akan dipusatkan di Taman Riung Gunung, Bogor, Jawa Barat.

“Dalam kegiatan ini kami menargetkan setidaknya ada 200 perlengkapan jalan yang dibersihkan di tiap BPTD,” katanya.

Ke depannya, kegiatan Sipantas jalan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di seluruh wilayah BPTD.

“Nantinya BPTD akan melaksanakan kegiatan ini rutin bersama dengan Dinas Perhubungan, PT Jasa Raharja, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, serta kepolisian setempat,” ujar Dirjen Budi.



 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019