Nilainya memang kecil dan tidak seberapa, namun kami berharap semoga bisa bermanfaat,
Mataram (ANTARA) - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Mataram, Jumat, memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan dana dari proyek buku dan pameran foto "Lombok Palu Donggala Rev!val".

"Ada tiga daerah di Lombok yang menjadi sasaran pemberian bantuan, yaitu Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur, senilai total Rp 50 juta. Untuk Lombok Utara, kita memberikan bantuan kepada warga Dusun Luk Timur, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga," jelas Koordinator Lapangan Penyaluran Bantuan, Ahmad Subaidi.

Bantuan yang diberikan, tambah dia berupa buku tulis, alat tulis, tas sekolah, tandon air, sembako dan uang tunai untuk renovasi Musala Nurul Iman, Dusun Luk. "Nilainya memang kecil dan tidak seberapa, namun kami berharap semoga bisa bermanfaat," ujarnya.

Harapannya, menurut dia kegiatan kemanusiaan seperti ini bisa diikuti oleh instansi atau lembaga lain, untuk membantu kebangkitan saudara-saudara kita korban gempa agar cepat bangkit.

Sementara Saprudin, Ketua RT mewakili Kepala Dusun Luk Timur, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari para wartawan.

"Jujur kami akui, banyak warga kami yang masih trauma. Bahkan sampai sekarang ada warga yang masih di pengungsian, atau di rumah keluarganya," ujarnya.

Dengan adanya bantuan seperti ini, sambungnya, paling tidak bisa membantu memulihkan mental warga yang terdampak bencana gempa, sehingga bisa segera bangkit dan aktifitas normal kembali.

"Saat ini, tahap pembangunan rumah kami belum optimal bisa dilakukan, masih 60 persen. Itu karena terkendala dengan bahan bangunan yang minim di lapangan. Kalaupun ada, harganya juga tinggi (mahal). Sementara di satu sisi, bantuan dari pemerintah untuk membangun rumah juga terbatas," terangnya.

Persoalan lainnya, kata dia karena hampir semua warga Lombok menjadi korban gempa, dan banyak yang rumahnya juga dibangun, karena itu tukang bangunan atau pun tukang kayu sekarang menjadi langka.

"Coba lihat saja, hampir setahun gempa terjadi, bangunan rumah kami baru pondasi, tiang, dan atap saja. Mau lanjutkan pembangunan, giliran tukang yang tidak ada," lanjutnya.

Baca juga: AICE sebarkan senyuman untuk anak korban gempa Lombok

Baca juga: Mataram usulkan tambahan bantuan korban gempa Rp20 miliar

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan Rp786 juta untuk korban gempa di NTB

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019