Jambi (ANTARA) - Menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, harga cabai merah di Provinsi Jambi berangsur naikan. "Hari ini harga cabai di tingkat pengecer mencapai Rp90 ribu per kilo, bahkan ada yang menjual di atas harga itu,” kata Ison distributor cabai di Pasar Angso Duo Jambi, Jumat.

Harga cabai tersebut terus alami kenaikan sejak sepekan terakhir, mulai dari Rp75 ribu per kilo berangsur naik hingga mencapai Rp90 ribu. Namun, harga cabai tersebut tidak serta merta terus alami kenaikan. Terkadang harga cabai sempat turun, namun naik kembali. Kenaikan kali ini melebihi harga cabai sebelumnya.

Meningkatnya harga cabai disebabkan oleh stok atau pasokan cabai merah mulai berkurang. Sehingga hukum ekonomi berlaku, jika permintaan meningkat dan stok berkurang maka harga akan meningkat, sementara jika permintaan berkurang dan stok meningkat maka harga akan turun.

Berkurangnya pasokan cabai merah tersebut karena cabai merah yang biasa masuk dari pulau jawa sudah mulai jarang masuk. Sementara produksi cabai lokal  sangat terbatas dan tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

Sementara itu, harga bahan pangan lainnya cenderung stabil, seperti bawang merah dan bawang putih yang harganya masih berkisar di angka Rp25 ribu sampai Rp28 ribu perkilogram.

Sementara itu, pedagang di Pasar Angso Duo turut mengeluhkan daya beli masyarakat yang cenderung menurun dalam beberapa bulan terakhir. “Iya, daya beli masyarakat menurun, terutama pasca hari Raya Idul Fitri kemarin,” kata Amelia pedagang di Pasar Angso Duo.

Dicontohkannya, dalam satu hari biasanya dia mampu menjual 100 sampai 150 kilogram cabai merah, namun saat ini untuk menghabiskan 100 kilogram cabai merah sangat sulit.

Menurunnya daya beli masyarakat tersebut, menurut Amelia, disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, banyak masyarakat yang mempersiapkan biaya pendidikan anak-anaknya karena memasuki tahun ajaran baru.*

Baca juga: Kenaikan harga cabai merah salah satu penyebab inflasi di Jambi

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019