Polres OKU perketat pengamanan gudang logistik KPU

id Gudang logistik, logistik pemilu, Pilkada 2024, Polres OKU

Polres OKU perketat pengamanan gudang  logistik KPU

Sejumlah personel Polres OKU saat melakukan penjagaan di gudang logistik milik KPU OKU, di Baturaja, Selasa (24/9/2024). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, memperketat pengamanan di gudang logistik milik KPU daerah setempat untuk memastikan aman hingga proses pilkada berlangsung pada 27 November 2024.

Kasi Humas Polres OKU Iptu Ibnu Holdon di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa gudang logistik milik KPU yang terletak di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur tersebut dijaga oleh anggota polisi bersenjata lengkap.

Personel yang disiagakan itu untuk mengamankan logistik dari gangguan keamanan dan ketertiban umum, terutama yang dapat mengganggu jalannya pilkada.

"Pengamanan gudang ini menjadi salah satu prioritas Polri untuk memastikan seluruh logistik untuk kebutuhan pelaksanaan Pilkada 2024 dalam kondisi baik hingga proses pemilihan nanti," ujarnya.

Dia menyebut ada sekitar 11 personel yang berjaga 1 x 24 jam secara bergantian di gudang logistik milik KPU OKU, dan anggota tersebut wajib lapor mengenai kondisi pengamanan setiap pergantian shift jaga.

Menurut dia, pengamanan gudang ini penting dilakukan untuk memastikan keamanan dan integritas logistik dari potensi gangguan ataupun tindakan kriminalitas lainnya.

Dia mengatakan petugas yang disiagakan juga ditekankan untuk mengantisipasi logistik dari kemungkinan kerusakan akibat air hujan dan kebakaran, termasuk meningkatkan kewaspadaan dengan membatasi akses keluar masuk pada gudang logistik dan mengharuskan setiap tamu melapor pada petugas yang berjaga.

"Kami juga memanfaatkan pengawasan kamera CCTV yang ada untuk mengawasi setiap tamu yang keluar masuk gudang guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," tegasnya.

Sebelumnya, KPU OKU menerima sebanyak 3.416 kotak dan bilik suara untuk kebutuhan Pilkada 2024 yang didistribusikan dari pemerintah pusat dan provinsi pada Kamis (19/9/2024).

Ketua KPU OKU Rahmad Hidayat mengatakan logistik yang diterima pihaknya tersebut berupa 2.260 bilik suara dan 1.156 buah kotak suara.

"Untuk bilik dan kotak suara yang sudah kami terima totalnya ada sebanyak 3.416 unit yang kini tersimpan di gudang," ujarnya.

Dalam pengamanan, kata Rahmad, pihaknya juga merekrut tenaga penjaga khusus untuk memastikan bahwa logistik tetap aman hingga hari pemilihan nanti.

"Pengamanan ketat kami lakukan untuk memastikan seluruh logistik yang tersimpan di gudang dalam keadaan baik, aman dan lancar," ujarnya.