Muara Enim berhasil tekan laju inflasi

id sumsel, muara enim, laju inflasi

Muara Enim berhasil tekan laju inflasi

Kabupaten Muara Enim telah berhasil menekan laju inflasi dari 6,31 persen pada Januari 2024 menjadi 3,18 persen di akhir Mei 2024. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Kabupaten Muara Enim telah berhasil menekan laju inflasi dari  6,31 persen pada Januari 2024 menjadi 3,18 persen di akhir Mei 2024.

"Kami akan terus mengupayakan penurunan hingga 2 persen atau di bawah rerata nasional 2,8 persen," kata Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali di Muara Enim, Jumat.

Pencapaian dan upaya pengendalian inflasi juga ditandai dengan angka deflasi tertinggi di Pulau Sumatera.

Beberapa hari lalu Pj Bupati mengikuti Rapat Koordinasi Tingkat Tinggi (High Level Meeting) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Se-Sumatera Selatan, Rabu (12/06) di Kabupaten Banyuasin.

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Sumsel H Agus Fatoni dan dihadiri para kepala daerah ini.

Pj Bupati menjelaskan beberapa strategi dan langkah konkret, diantaranya mengoptimalkan peran TPID dalam pemantauan dan monitoring kebutuhan pokok masyarakat, rutin melaksanakan operasi pasar murah, gerakan pangan murah maupun kegiatan subsidi harga bahan pangan lainnya di pasar.

Kemudian mengintensifkan pengawasan ketersediaan dan harga bahan pokok dengan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar. Dirinya pun berterima kasih atas dukungan Pj Gubernur serta kekompakan TPID Kabupaten Muara Enim sehingga inflasi dapat cepat ditekan hingga bahkan mencapai angka deflasi tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Pulau Sumatera.