Kemenag Sumsel peroleh tambahan kuota haji sebanyak 296 orang

id sumsel,palembang,kuota haji tambahan,kemenag sumsel

Kemenag Sumsel peroleh tambahan kuota haji sebanyak 296 orang

Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mendapat tambahan kuota haji sebanyak 296 orang. ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mendapat tambahan kuota haji sebanyak 296 orang.

"Pada tahun ini Indonesia mendapatkan kuota haji tambahan sebanyak 8.000 jemaah. Dari kuota tersebut Sumsel mendapatkan 296 kuota haji tambahan," kata Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Abdul Qudus di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kuota tersebut diprioritaskan untuk calon haji yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (Bipih).

"Penambahan kuota haji tahun 2023 untuk Sumsel ini diberikan kepada calon jemaah haji yang telah masuk daftar antrean keberangkatan," katanya.

Ia menjelaskan calon jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan dari cadangan waktu masih tersisa 240 jemaah sehingga dari jatah 296 kuota tinggal menambahkan 56 calon jemaah lagi.

"Bagi calon haji yang sudah melunasi, tetapi belum masuk dalam keberangkatan diharapkan proaktif bertanya ke Kemenag kabupaten/kota setempat," imbaunya.

Bagi calon haji yang masuk daftar antrean dan telah melunasi Bipih, katanya, agar mempersiapkan diri untuk diberangkatkan menuju Tanah Suci.

"Calon haji yang masuk daftar antrean agar mempersiapkan dirinya untuk keberangkatan dan biasanya akan ada pihak Kemenag yang memberikan informasi . Namun, mereka diharapkan lebih baik proaktif bertanya dan untuk pelunasan masih nunggu keputusan Presiden kapan waktu pelunasannya," ucapnya.

Calon jemaah haji tambahan 2023 akan diberangkatkan mengikuti jadwal kelompok terbang (kloter) terakhir, ataupun bisa ditambah satu kloter untuk kuota baru tersebut, kata Qudus.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Sumsel dapat tambahan kuota haji 296 orang