BNPB menyalurkan dana siap pakai darurat bencana untuk OKU Timur

id Dana siap pakai, darurat bencana, BNPB, paket sembako, Pemkab OKU Timur,BNPB salurkan dana bencana untuk OKU Timur,dana

BNPB menyalurkan dana siap pakai darurat bencana untuk OKU Timur

BNPB menyalurkan bantuan dana siap pakai darurat bencana untuk Pemkab OKU Timur, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai untuk mendukung operasional darurat penanganan bencana alam kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan sebesar Rp250.000.000.

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan di Martapura, ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Jumat mengatakan, dana ini diserahkan untuk digunakan dalam menanggulangi bencana banjir di wilayah itu.

Dia menjelaskan, dana siap pakai adalah dana yang selalu tersedia dan dicadangkan oleh pemerintah daerah untuk digunakan pada saat keadaan darurat bencana sampai musibah teratasi.

Dana tersebut bisa langsung digunakan setelah ditetapkan oleh pemerintah daerah untuk jangka waktu tertentu atas dasar rekomendasi instansi yang diberi tugas menanggulangi bencana yang dimulai sejak status siaga darurat hingga pemulihan.

"Dengan adanya dana siap pakai ini diharapkan dapat membantu Pemkab OKU dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi hampir setiap tahun," harapnya.

Selain menyerahkan dana siap pakai tersebut, Fajar pun memberikan bantuan paket sembako sekaligus meninjau korban bencana alam puting beliung di Desa Riang Bandung Kecamatan Madang Suku II dan Desa Sribunga Kecamatan BP Bangsa Raja yang terjadi pada Kamis (1/6).

"Kami juga memberikan bantuan operasional berupa satu unit mobil dapur umum untuk membantu korban bencana puting beliung di dua desa tersebut," ujarnya.

Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BNPB RI untuk masyarakat korban bencana alam di wilayahnya.

Dana siap pakai tersebut, lanjut dia, sangat berguna dan membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana banjir sekaligus membantu masyarakat yang menjadi korban.

"Bantuan yang diberikan ini sangat berati untuk masyarakat khususnya yang terdampak bencana," kata dia.