Kakanwil Kemenkumham Sumsel sebut Pancasila sebagai bintang penuntun

id Kakanwil Kemenkumham Sumsel, kemenkumham, Pancasila, hari lahir pancasila, bintang penuntun, leistars, pakaian adat, upa

Kakanwil Kemenkumham Sumsel sebut Pancasila sebagai bintang penuntun

Kakanwil Ilham Jaya bersama pejabat utama dan pegawai Kemenkumham Sumsel mengenakan pakaian adat nusantara pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Palembang, Kamis (1/6/2023). ANTARA/Yudi Abdullah/23.

Palembang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) Ilham Djaya mengatakan Pancasila sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai leitstar," kata Ilham Djaya ketika memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Palembang, Kamis.

Kegiatan upacara tersebut tergolong unik karena pimpinan dan pegawai Kemenkumham Sumsel menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila menggunakan pakaian adat nasional dari berbagai daerah di Indonesia.

Kakanwil Ilham ketika bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menjelaskan bahwa di tengah geopolitik dunia yang panas, Indonesia terus berusaha berkontribusi untuk perdamaian dunia.

"Menjadi titik temu dan jembatan perbedaan. Memiliki prinsip dan tidak berpihak pada kekuatan tertentu. Inilah Indonesia, yang tidak bisa didikte, tapi selalu ingin berkontribusi untuk dunia," ujarnya.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa ideologi Pancasila yang mengajarkan sikap toleran, keberanian dan menghargai perbedaan, telah membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia.

"Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, yang adil, sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia," kata Ilham Djaya mengutip amanat Presiden RI.

Setelah itu, Ilham juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan upacara tersebut serta berpesan agar jajarannya dapat memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila dengan penuh suka cita.

Mengakhiri upacara tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel bersama para kepala divisi yang hadir juga memberi apresiasi kepada para pejabat dan pegawai yang mengenakan pakaian adat nusantara itu.

Kegiatan ini diakhiri dengan menonton bareng siaran langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Monumen Nasional, DKI Jakarta melalui kanal YouTube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).