Kemenkumham Sumsel pastikan calon haji peroleh layanan imigrasi terbaik

id Kemenkumham Sumsel, kemenkum, pelayanan paspor, paspor haji, pemberangkatan haji, embarkasi haji palembang, calon haji

Kemenkumham Sumsel pastikan calon haji peroleh layanan imigrasi terbaik

Kakanwil Ilham didampingi Kadiv Keimigrasian Herdaus dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan meninjau proses keberangkatan calon haji kloter pertama Embarkasi Palembang, Sabtu (27/5/2023). (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan memastikan calon haji asal provinsi itu mendapat pelayanan keimigrasian terbaik saat berangkat ke Arab Saudi.

"Kami memberikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan maupun kepulangan jamaah," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya saat meninjau proses keberangkatan calon haji kloter pertama embarkasi haji Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu.

Saat meninjau proses keberangkatan kloter pertama itu, Kakanwil Ilham didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengungkapkan keberangkatan calon haji asal Sumsel kelompok terbang (kloter) pertama
berjumlah 359 orang dengan rincian jamaah laki-laki 162 orang dan jamaah wanita 197 orang.



"Kloter pertama ini merupakan jamaah dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Mereka diberangkatkan menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SV5581, Sabtu (27/5) pukul 09.50 WIB," ujar Ilham.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan menjelaskan berdasarkan data, Embarkasi Palembang pada Mei-Juni 2023 akan memberangkatkan 8.192 calon haji.

Rincian jamaah tersebut terdiri dari 7.012 calon haji asal Sumsel, 1.065 orang dari Bangka Belitung, dan 115 petugas kloter yang akan diberangkatkan secara bertahap melalui 23 kloter.

Mengenai mekanisme pemeriksaan paspor calon haji, dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementerian Agama Provinsi Sumsel guna menghindari antrean jamaah dalam pemeriksaan keimigrasian.

Sebelum keberangkatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi di kembalikan lagi kepada calon haji yang sudah menunggu di dalam ruang tunggu keberangkatan di asrama haji.

Setelah paspor dipastikan sudah berada di tangan para calon haji, dari Asrama Haji jamaah menggunakan bus khusus siap diberangkatkan menuju Bandara SMB II (Embarkasi Palembang), ujar Ridwan.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkumham Sumsel pastikan calon haji dapat layanan imigrasi terbaik