Muara Enim gelar pelatihan operator alat berat

id pencari kerja,pelatihan, operator alat berat,tanjung enim

Muara Enim gelar pelatihan operator alat berat

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menggelar pelatihan pekerjaan operator alat berat bagi pencari kerja di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muara Enim. Selain pelatihan jadi operator alat berat, juga pelatihan elektronik perbaikan AC dan mengemudi dengan total 52 peserta. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Tanjung Enim, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menggelar pelatihan pekerjaan operator alat berat bagi pencari kerja di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muara Enim.

Kepala Disnakertrans Muara Enim Hj Siti Herawati di Tanjung Enim, Jumat, menyebutkan pelatihan itu berlangsung sebulan penuh yakni 26 Mei hingga 24 Juni 2023.

"Selain pelatihan jadi operator alat berat, juga pelatihan elektronik perbaikan AC dan mengemudi dengan total 52 peserta, semuanya pencari kerja," kata Siti Herawati.

Pelatihan operator alat berat diikuti 20 peserta, 16 peserta mengemudi dan 16 pelatihan elektronik service AC.

Sistem pelatihan dilakukan 30 hari kalender, namun khusus untuk operator alat berat selain sebulan dilatih di UPT BLK Disnakertrans juga mengikuti di pusat pelatihan di sebuah perusahaan alat berat.

Kegiatan itu, menurut Kadisnakertrans Muara Enim, pelatihan ini dapat membantu para pencari kerja meningkatkan kemampuan diri, mengembangkan ketrampilan dan memiliki daya saing dalam dunia kerja.

"Yang paling penting dapat bekerja mandiri membuka lapangan kerja untuk para pencari kerja lain yang berujung pada kurangnya angka pengangguran di Kabupaten Muara Enim," kata Siti Herawati.

Sementara itu, H Riswandar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang hadir mewakili Bupati Muara Enim menekankan kepada 52 orang peserta agar serius, tulus, dan ikhlas dalam mengikuti pelatihan tersebut karena ilmu yang didapat bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama di dalam dunia kerja yang sebenarnya.

“Manfaatkanlah kesempatan terbaik ini untuk mengasah ketrampilan setajam mungkin, gali informasi, jangan malu bertanya kepada para instruktur dan kepada teman-teman karena kesempatan ini belum tentu dimiliki oleh orang lain,” kata Riswandar.*