Pelemahan rupiah masih dipengaruhi negosiasi plafon utang Amerika Serikat

id Dolar AS,Rupiah,Nilai Tukar,Kurs,Plafon Hutang AS,berita sumsel, berita palembang

Pelemahan rupiah masih dipengaruhi negosiasi plafon utang Amerika Serikat

Petugas menghitung uang pecahan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Selasa (4/10/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Jakarta (ANTARA) - Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai kurangnya kemajuan dalam negosiasi perihal plafon utang (debt ceiling) Pemerintah Amerika Serikat senilai 31,4 triliun dolar AS masih menjadi faktor pelemahan rupiah pada penutupan perdagangan Rabu ini.

"Pembicaraan antara kedua partai politik berlanjut tentang pencabutan plafon utang pemerintah AS 31,4 triliun dolar AS. Setiap kemajuan tampaknya sulit dimenangkan dan hanya ada sedikit tanda kesepakatan akan tercapai dalam waktu dekat," ucap Ibrahim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Selama seminggu terakhir, sejumlah pejabat The Fed disebut telah berbicara dengan sikap hawkish tentang kebijakan moneter Bank Sentral AS. Sikap ini menunjukkan perhatian utama terhadap kebijakan moneter dalam denominasi dolar AS.

Di sisi lain, lanjutnya, Bank of England menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin awal Mei 2023. "Angka ini kemungkinan akan memperkuat ekspektasi bahwa Bank Sentral akan terpaksa menaikkan suku bunga lagi pada bulan Juni 2023," ujarnya.