Pengadaan lahan hadang percepatan jalan khusus angkutan batu bara di Jambi

id batu bara, jalan khusus, jambi, lahan jalan

Pengadaan lahan hadang percepatan jalan khusus angkutan batu bara di Jambi

Sekdapov Jambi Sudiman,(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Pembangunan jalan khusus batubara di Jambi hingga saat ini belum dimulai dikerjakan karena persoalan pengadaan atau pembebasan lahan yang belum terselesaikan, ditambah lagi dengan kenaikan harga tanah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman di Jambi, Sabtu (13/5) mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan tiga perusahaan yang akan membangun, serta pihak-pihak terkait lainnya ternyata perusahaan menghadapi kendala mengenai pembebasan lahan.

Kemudian juga ada lonjakan harga yang ditetapkan masyarakat pemilik lahan. Dimana, lonjakan itu sampai 500 persen. Perusahaan merasa harga tersebut tidak bisa disepakati.

Sementara target penyelesaian jalan khusus itu, semakin dekat yakni Desember 2023. Pihak Pemprov Jambi beserta Instansi terkait lainnya sudah melakukan rapat untuk mencari solusi tersebut.

"Pemprov akan melakukan penetapan lokasi alur untuk jalan khusus itu. Akan ada panitia pengadaan tanah, eksekutornya BPN karena ada keluhan dari pihak perusahaan, bahwa kenaikan sangat luar biasa mencapai 500 persen dan hal itu jadi kendala dan bisa menghambat jalannya pembangunan jalan khusus batu bara ini," kata Sudirman.