Gubernur Sumsel minta PPIH pahami karakter jamaah calon haji

id Gubernur Sumsel, PPIH, minta ppih pahami karakter jamaah, jamaah calon haji, jch, haji, embarkasi haji

Gubernur Sumsel minta PPIH pahami karakter jamaah calon haji

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi dan debarkasi Palembang pada musim haji 2023 ini memahami karakter para jamaah calon haji.

"Pemahaman karakter jamaah tersebut penting bagi PPIH agar bisa melayani pemberangkatan dan kedatangan mereka kembali ke Tanah Air dengan baik," katanya di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sifat masing -masing jamaah berbeda dan itu harus diakomodasi sehingga bila PPIH mengetahui watak mereka dan bisa menentukan sikap yang tepat dalam melayani jamaah.

Mengenai jumlah jamaah yang dilayani pemberangkatan pada masa haji 2023 ini sesuai kuota yang ditetapkan 7.012 orang dengan rincian 6.589 jamaah reguler, 351 jamaah prioritas lanjut usia (lansia), 24 pembimbing KBIHU, dan 48 petugas haji daerah (PHD).

Panitia diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah tersebut saat pemberangkatan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang maupun penyambutan kedatangan dari Tanah Suci Mekah, Arab Saudi.

Gubernur mengatakan pemberangkatan jamaah pada masa haji 1444 Hijriah direncanakan kelompok terbang (kloter) pertama pada 25 Mei 2023, diharapkan PPIH dapat melayani dengan baik saat memasuki asrama haji sehari sebelum pemberangkatan.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel Syafitri Irwan menambahkan jamaah calon haji 2023 asal provinsi ini didominasi oleh orang lanjut usia (lansia).

Berdasarkan data dari kuota 7.012 jamaah tahun ini, sekitar 4.000 lebih atau 60 persen merupakan lansia yang memerlukan perhatian maksimal.

Banyaknya jamaah lansia pada pemberangkatan haji Mei-Juni 2023 ini karena terjadi penumpukan, pada saat pandemi COVID-19 ada kebijakan Kerajaan Arab Saudi mengenai pembatasan usia sedangkan sekarang tidak dibatasi untuk lansia, demikian Syafitri Irwan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Sumsel: PPIH mesti pahami karakter jamaah calon haji