Gubernur Sumsel ajak pimpinan rumah sakit wujudkan wisata kesehatan

id Gubernur Sumsel, wisata kesehatan, health tourism, ajak pimpinan rumah sakit wujudkan wisata kesehatan, pimpinan rs, per

Gubernur Sumsel ajak pimpinan rumah sakit wujudkan wisata  kesehatan

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada acara pelantikan pengurus Persi dan Makersi) Sumsel, di Palembang, Sabtu (4/2/2023). (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak pimpinan rumah sakit yang tergabung dalam Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) provinsi setempat mewujudkan daerah itu sebagai tempat wisata kesehatan (health tourism).

"Saya mengajak pengurus dan anggota Persi Sumsel segera mewujudkan cita-cita besarnya dalam menjadikan provinsi ini sebagai Health Tourism di Indonesia dengan memiliki pelayanan kesehatan yang prima," kata Herman Deru pada acara pelantikan pengurus Persi dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit Indonesia (Makersi) Sumsel periode
2022-2025 di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan pimpinan rumah sakit memiliki peran besar terhadap pelayanan kesehatan khususnya di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Provinsi ini memungkinkan menjadi tempat wisata kesehatan karena memiliki puluhan rumah sakit pemerintah dan swasta dengan memiliki berbagai keunggulan pelayanan kesehatan berstandar internasional," ujarnya.

Untuk mewujudkan 'health tourism', selain meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, pimpinan rumah sakit diharapkan memotivasi tim medis dan nonmedisnya meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Masyarakat yang telah mempercayakan pelayanan kesehatan keluarganya kepada suatu rumah sakit, diharapkan dapat dilayani dengan baik mulai dari mendaftar hingga menjalani rawat inap.

Untuk mengawal tim medis melakukan tugasnya di rumah sakit dengan baik sesuai kode etik, peran Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit Indonesia (Makersi) cukup besar dalam memberikan penghargaan dan hukuman (reward and funishment).

"Selain pelayanan yang ramah, penampilan rumah sakit juga penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. Manajemen komunikasi, ekspresi dari petugas garda terdepan/frontline juga harus dibenahi," ujar Gubernur Herman Deru.

Sementara Ketua Umum Persi Pusat, dr. Bambang Wibowo pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa peran Persi dan Makersi sangat dibutuhkan dalam membantu program pemerintah, khususnya di bidang kesehatan seperti masalah stunting dan lainnya.

Selain itu, diharapkan juga para pimpinan rumah sakit di Sumsel dapat berpikir untuk menarik minat masyarakat agar berobat di rumah sakit yang ada di daerah ini dengan meningkatkan pelayanan serta membenahi manajemen komunikasi informasi.

Jika pelayanan kesehatan rumah sakit di provinsi ini terus meningkat, keinginan Gubernur Sumsel Herman Deru menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata kesehatan bisa segera diwujudkan karena banyak masyarakat dari luar provinsi ini akan datang untuk berobat atau sekedar melakukan pemeriksaan kesehatan (general check up), ujar Ketua Umum Persi.